Sukses

Emas Olimpiade Tokyo 2020 Bakal Jadi Pelengkap Kehebatan Dani Alves di Sepak Bola

Liputan6.com, Jakarta Final Olimpiade Tokyo 2020 untuk cabang olahraga sepak bola menjadi momen penting bagi kapten timnas Barasil, Dani Alves. Sebab di usia yang sudah mencapai 38 tahun, tidak banyak kesempatan yang tersisa untuk meraskan puncak podium kejuaraan olahraga multicabang empat tahunan tersebut.

Bahkan, bukan tidak mungkin ini menjadi satu-satunya kesempatan Alves meraih emas Olimpiade. 

Sepanjang kariernya, ini kali pertama Alves berada sangat dekat dengan medali kehormatan tersebut. Padahal di luar itu, pemain berdarah setengah Spanyol itu sudah memenangkan 43 trofi juara. 

Alves sendiri baru dipercaya untuk tampil di Olimpiade Tokyo 2020, setelah dua tahun sejak penampilan terakhirnya bersama Brasil. Meski demikian, Alves tetap menunjukkan kelasnya saat  bermain penuh bersama timnas Brasil yang berhasil merebut empat dari lima laga sejauh ini. 

Bermain di sisi kanan pertahanan Brasil, Alves tampil konsisten sepanjang laga. Dia bahkan jadi pencetak skor pertama dalam drama adu penalti Brasil melawan Meksiko.

 

2 dari 4 halaman

Selangkah Lagi

Kini Alves tinggal selangkah lagi. Rintangan yang dihadapinya akan tersaji di Stadion Internasional Yokohama, 7 Agustus 2021. Dan lawan yang dihadapi adalah Spanyol, negara yang pernah jadi rumah bagi pemain Sao Paulo itu. "Anda tahu kelemahan saya untuk Spanyol," kata Alves dilansir dari Marca.

"Akan sangat bagus bertemu mereka di final karena saya setengah Spanyol dan Brasil," ujarnya. 

 

3 dari 4 halaman

Siap Habis-Habisan

Kini tidak ada lagi hambatan bagi Alves untuk mewujudkan mimpinya. Dia bertekad untuk tampil habis-habisan demi medali emas yang selama ini selalu diidam-idamkan seluruh atlet di dunia. 

"Rasanya seperti menggapai mimpi, setiap atlet elit dunia ingin berada di sini," kata Alves.

"Berada di sini, bisa mewakili negaraku di sepak bola, adalah suatu kehormatan bagi saya."

 

 

4 dari 4 halaman

Derertan trofi Dani Alves

Bahia : 1 Gelar

Sevilla: 5 Gelar

Barcelona: 23 Gelar

Juventus: 6 Gelar

Paris Saint Germain: 6 Gelar

Sao Paulo : 1 Gelar

Timnas Brasil: 4 Gelar