Sukses

Fabio Quartararo Sudah Jatuh Tertimpa Tangga di MotoGP Katalunya

Fabio Quartararo gagal podium karena kena penalti 3 detik. Dia pun kena penalti 3 detik tambahan karena tak memakai kancing di baju balapnya di MotoGP Katalunya.

Liputan6.com, Barcelona- Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo benar-benar sial saat membalap di MotoGP Katalunya. Dia gagal meraih podium karena mendapatkan penalti 3 detik usai keluar dari jalur balap di tikungan dua.

Karena pelanggaran itu, Fabio Quartararo harus puas berada di posisi empat di belakang Jack Miller. Namun kesialan belum habis di sana.

Soalnya, otoritas MotoGP juga mengganjar Fabio Quartararo penalti 3 detik usai balapan karena membuka jaket kulit dan membuang pelindung dada saat lap-lap terakhir di MotoGP Ktalunya.

Karena sanksi penalti 3 detik yang terakhir, Fabio Quartararo berarti akan start di posisi keenam meski raih pole positions di MotoGP Jerman yang digelar dua pekan mendatang. Ini tentu merugikan sekali.

Karena kegagalan podium, kini Fabio Quartararo hanya unggul 14 poin dari Johann Zarco. Semula, dia unggul 17 poin dari rekannya sesama pembalap Prancis itu.

 

Video Menarik

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Sengaja

 

Quartararo tak sengaja membuka kancing jaket kulit yang dipakainya. Faktanya, kancing jaket terbuka sendiri di empat lap tersisa.

Quartararo mencoba untuk perbaiki kondisi tapi akhirnya menyerah dan malah membuang pelindung dada. Inilah kesalahan fatal yang berujung sanksi.

Dalam peraturan MotoGP disebutkan, peralatan untuk keselamatan rider harus dijaga seperti jaket kulit dan pelindung dana," harus dipakai, dikencangkan sepanjang balapan."

 

3 dari 4 halaman

Tak Disanksi

 

Sementara itu, pembalap Aprilia Aleix Espargaro memaklumi kesalahan yang dilakukan Quartararo. Dia merasa pembalap asal Prancis itu seharusnya tak disanksi.

"Tidak perlu, ayolah. Hal seperti ini bisa terjadi. Memang berbahaya balapan tanpa alat itu tapi itu terjadi saat balapan, apa yahg harus Anda lakukan? " katanya seperti dikutip crash.

"Ya ini berbahaya, tapi dia berjuang untuk gelar. Apakah Anda pikir adil menghentikan pembalap gara-gara kancingnya rusak? Ya saya mengerti itu berbahaya, tapi sulit."

4 dari 4 halaman

Klasemen MotoGP

Posisi-Pembalap-Tim-poin

1 Fabio Quartararo Monster Yamaha 115

2 Johann Zarco Pramac Ducati 101

3 Francesco Bagnaia Ducati Team 90

4 Jack Miller Ducati Team 88

5 Joan Mir Suzuki Ecstar 78

6 Maverick Vinales Monster Yamaha 75

7 Franco Morbidelli Petronas Yamaha 54

8 Miguel Oliveira Red Bull KTM 44

9 Aleix Espargaro Aprilia Gresini 43

10 Brad Binder Red Bull KTM 40

11 Pol Espargaro Repsol Honda 31

12 Takaaki Nakagami LCR Honda Idemitsu 29

13 Alex Rins Suzuki Ecstar 26

14 Danilo Petrucci KTM Tech3 25

15 Enea Bastianini Avintia Ducati 23

16 Alex Marquez LCR Honda Castrol 23

17 Jorge Martin Pramac Ducati 19

18 Marc Marquez Repsol Honda 16

19 Valentino Rossi Petronas Yamaha 15

20 Luca Marini Sky VR46 Avintia Ducati 13

21 Stefan Bradl Repsol Honda 13

22 Iker Lecuona KTM Tech3 11

23 Michele Pirro Pramac Ducati 4

24 Lorenzo Savadori Aprilia Gresini 3

25 Tito Rabat Pramac Ducati 1

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.