Sukses

Persib Apresiasi PSSI Putuskan Liga 1 Pakai Promosi Degradasi

Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts mengapresiasi keputusan PSSI yang tetap menggunakan format promosi dan degradasi dalam penyelenggaraan kompetisi Liga 1 dan 2 2021/2022.

Liputan6.com, Bandung Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts mengapresiasi keputusan PSSI yang tetap menggunakan format promosi dan degradasi dalam penyelenggaraan kompetisi Liga 1 dan 2 2021/2022.

Sebelumnya, PSSI memastikan Liga 1 dan Liga 2 musim 2021-2022 tetap menggunakan sistem promosi dan degradasi. Federasi mengambil keputusan dalam rapat darurat Komite Eksekutif PSSI, Selasa (25/5/2021), setelah berdiskusi dengan FIFA dan AFC.

"Itu hal normal, kalau liga tidak ada dua hal itu (promosi dan degradasi) barulah menjadi berita," kata Robert di Bandung, Kamis (27/5/2021).

Menurut Robert, keputusan PSSI untuk tetap menerapkan promosi degradasi di Liga 1 sudah langkah tepat.

"Hal bagusnya, saya harap semua pihak di sepakbola indonesia, kita tidak bisa mengubah beberapa hal hanya karena segelintir orang menginginkannya berubah. Harus tetap profesional untuk bisa berkembang dengan rencana konkrit, karena kalau selalu berubah rencana itu tidak akan berjalan lurus," ujarnya.

Persib dan beberapa klub lain sejak awal sudah menegaskan tidak menyetujui kompetisi tanpa degradasi. Hal itu dipandang agar kompetisi tetap berlangsung kompetitif.

"Promosi dan degradasi tidak untuk didiskusikan karena itu sudah menjadi semangat dari olahraga ini. Karena semua orang menunjukkan yang terbaik agar tidak terdegradasi. Ketika itu berubah semua orang akan kecewa dan tidak ada yang menganggapnya sebagai hal serius," tutur pelatih 66 tahun itu.

 

Saksikan Video Menarik Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada Wacana

Sebelumnya ada wacana penghapusan promosi-degradasi pada musim 2021-2022. Sejumlah klub Liga 1 dan Liga 2 merasa kesulitan bersaing di lapangan akibat dampak pandemi Covid-19.

PSSI berencana menggelar Liga 1 musim baru antara 3-7 Juli 2021 hingga Maret 2022. Sementara Liga 2 akan bergulir 14 hari setelah Liga 1 dimulai dan diproyeksikan berakhir pada Desember 2021.

Kepastian berlangsungnya kompetisi masih menunggu terbitnya izin keramaian dari Polri. Asops Kapolri Irjen Polisi Imam Sugianto menyebut Polri akan menerbitkan izin keramaian paling lambat 27 Mei 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.