Sukses

Klub European Super League Mundur, Presiden Juventus Tuai Malu

Liputan6.com, London- Klub anggota European Super League (ESL) atau Liga Super Eropa satu per satu mulai mundur. Dimulai dari Manchester City dan lima klub Liga Inggris hingga merembet ke klub Liga Italia.

Keputusan mundur ini diambil karena begitu derasnya penolakan terhadap Liga Super Eropa. Mulai dari fans, pemain, pemerintah dan kepala negara turut menentang ide yang dianggap gila itu.

Enam klub Liga Inggris ramai-ramai memutuskan mundur. Manchester United, Manchester City, Liverpool, Chelsea, Arsenal dan Tottenham Hotspur batal ikutan.

City menjadi klub Inggris pertama yang mengumumkan mundur dari European Super League pada Selasa (20/4/2021) malam waktu setempat atau Rabu (21/4/2021) dinihari WIB.

Langkah The Citizens kemudian diikuti lima klub Inggris lainnya hampir bersamaan. Kini tak ada lagi wakil Liga Inggris di European Super League.

"Klub Sepak Bola Liverpool dapat mengonfirmasi bahwa keterlibatan kami dalam rencana yang diusulkan untuk membentuk Liga Super Eropa telah dihentikan," demikian bunyi pernyataan resmi Liverpool.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menuai Mulu

Mundurnya enam klub Inggris membuat Liga Super Eropa kini tinggal berisi enam klub. Tiga dari Spanyol dan tiga dari Italia. Barcelona dan Atletico Madrd kabarnya juga bakal mundur.

Yang lucu, Presiden Juventus, Andrea Agnelli sebelumnya begitu yakin ESL tak akan bubar. Agnelli harus menanggung malu karena beberapa jam setelah komentarnya enam klub Liga Inggris memutuskan mundur.

Agnelli mengatakan, ESL dibuat dengan kesepakatan menggunakan "darah." Dia yakin 100 persen ESL bakal sukses.

 

3 dari 5 halaman

Sudah Tak Relevan

 

Kini, Agnelli hanya menuai malu dengan komentar sebelumnya. Karena itu, Agnelli dikabarkan mundur dari jabatannya sebagai Presiden Juventus.

"Ada semacam kesepakatan dengan menggunakan darah kami antara klub-klub, kami maju terus. Proyek ini punya peluang 100 persen sukses," ujarnya seperti dikutip Football Italia.

 

4 dari 5 halaman

Klarifikasi

 

Belakangan, Agnelli mengklarifikasi omongannya. Dia menyatakan tak mundur dari Juventus dan menjelaskan seperti apa ESL sebenarnya.

"Kami tak bermaksud mengancam klub lain, kami masih ingin tampil di kompetisi domestik. Tradisi sepak bola ada di kompetisi lokal," ujarnya.

"Fans itu penting buat kami. Mereka punya peluang untuk datang ke stadion setiap akhir pekan.

5 dari 5 halaman

Posisi di Klasemen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • European Super League merupakan format liga baru yang digagas 12 klub top Eropa demi sepak bola yang lebih profesional

    European Super League

  • Liga Super Eropa merupakan format liga baru yang digagas 12 klub top Eropa demi sepak bola yang lebih profesional

    Liga Super Eropa

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.

    Juventus

  • Serie-A adalah kasta tertinggi liga sepakbola di Italia yang dimulai pada Agustus 2016
    Serie-A adalah kasta tertinggi liga sepakbola di Italia yang dimulai pada Agustus 2016

    Liga Italia

  • Manchester City sukses mengganggu dominasi Manchester United dalam beberapa musim belakangan karena akusisi yang dilakukan oleh Sheikh Manso
    Manchester City menjadi salah satu klub elite Liga Inggris dalam 1 dekade terakhir

    Manchester City

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United