Sukses

Uji Coba Timnas U-23 Persiapan Penting Menuju Piala Menpora 2021

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebut laga uji coba Timnas Indonesia U-23 merupakan ujian menuju penyelenggaraan turnamen Piala Menpora 2021.

Timnas U-23 menghadapi Tira Persikabo, Jumat (5/3/2021), dan Bali United, Minggu (7/3/2021), di Jakarta.

"Jadi kita menuju pramusim Piala Menpora ini masih ujian. Sebelum ke Piala Menpora kita mau simulasi seperti apa sih," kata Menpora dalam diskusi virtual Kompetisi Sepak Bola di Tengah Pandemi Covid-19.

Zainudin bersyukur laga uji coba timnas U-23 versus Tira Persikabo yang berlangsung di Stadion Madya Gelora Bung Karno, berlangsung aman dan lancar.

Menpora sekaligus berharap laga uji coba kedua timnas yang disiapkan untuk SEA Games 2021 juga berjalan baik.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 5 halaman

Kerja Sama Seluruh Pihak

Menurut dia, kelancaran pertandingan uji coba pertama timnas melawan Tira Persikabo merupakan kerja keras seluruh pihak, mulai PSSI, klub, pemain, asosiasi pemain, suporter hingga aparat keamanan.

Panitia penyelenggara menerapkan protokol kesehatan secara ketat bagi para pemain yang berlaga, termasuk siapa saja yang terlibat dalam laga uji coba tersebut.

"Bahkan, saya catat sendiri. Hal-hal kecil saya catat, misalnya pemain habis minum jangan ditumpuk. Habis tidak habis buang (botolnya), masuk tempat sampah," tambahnya.

Kalau dulu, kata dia, pemain bebas minum menggunakan botol secara bergantian. Sekarang setiap pemain diberikan botol air minum masing-masing individu.

3 dari 5 halaman

Protokol Ketat

Menpora mengatakan protokol kesehatan yang dipatuhi adalah dilakukannya swab PCR pada hari H pertandingan, pembatasan kehadiran di stadion, tidak boleh ada penonton, hingga tidak ada selebrasi.

"Kalau lihat dua gol semalam (timnas versus Tira Persikabo), tidak ada selebrasi," katanya.

Zainudin menegaskan sudah pasang badan memberikan jaminan agar Piala Menpora 2021 tetap berlangsung meski situasi tengah pandemi Covid-19. Turnamen pramusim itu rencananya bergulir 21 Maret.

"Kalau dua ujian ini oke, mudah-mudahan turnamen pramusim Piala Menpora dijalankan dengan baik," harapnya.

4 dari 5 halaman

Apresiasi APPI

Ponaryo Astaman selaku General Manajer Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) menyambut baik terselenggaranya kembali laga sepak bola setelah vakum hampir setahun.

"Para pemain menyambut antusias. Karena mereka sudah lama tidak bertanding, hampir satu tahun menunggu momen (tanding). Wajar disambut sangat antusias," katanya.

Selain itu, Ponaryo juga mengapresiasi upaya yang dilakukan Menpora agar bagaimana sepak bola dan cabang olahraga lain dapat diselenggarakan di tengah pandemi.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Berikut Ini