Sukses

Kairus Sahel Mantan Pelatih Ellyas Pical Meninggal Dunia

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari tinju Tanah Air. Salah seorang pelatih legendaris yang pernah menangani Ellyas Pical, Kairus Sahel, 65 tahun, meninggal dunia di rumah sakit Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono, Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat, 26 Februari 2021.

Seperti dikutip dari situs Rondeaktual.com, kabar duka ini pertama kali disampaikan oleh salah seorang murid tinju Kairus Sahel paling sukses, Oki Abibakrin. Oki adalah petinju kidal dan mantan juara Indonesia kelas bulu dan kelas ringan yunior.

"Kabar duka kami terima dari putri Bung Kairus, Fitri. Meninggal dunia di Rumah Sakit PON. Fitri menghubungi saya pukul 06.38. Setelah itu tidak bisa komunikasi,” kata Oki Abibakrin.

Semasa hidupnya, Kairus Sahel banyak menangani petinju profesional Indonesia, yang berlatih di Garuda Jaya Pancoran, Arseto Tanah Abang, Satria Kinajungan Warung Buncit, Cakra Pegangsaan Dua Cakung. Kairus Sahel juga ikut mengantar petinju kebanggaan Indonesia Ellyas Pical menjadi juara dunia IBF pada 1985. 

 

 

 

 

 

 

2 dari 4 halaman

Pojok Ring

Kairus Sahel ikut bersama Simson Tambunan ikut menangani Ellyas Pical saat merebut gelar juara dunia IBF dari tangan sang juara Joo-do Chun (Korea) di Istora Senayan, Jakarta, Jumat, 3 Mei 1985. Setelah Elly meninggalkan Garuda Jaya, sasana yang mencetaknya sampai juara dunia, Kairus berperan penting sebagai pelatih tunggal Ellyas Pical, meneruskan pelatih Simson Tambunan. Kairus beberapa kali terlihat di sudut Ellyas Pical dalam duel kejuaraan dunia IBF kelas bantam yunior.

Total 8 pertandingan Ellyas Pical ditangani sendiri oleh Khairus. Terakhir, Khairus masih menjadi pelatih saat Ellyas Pical menelan kekalahan dramatis atas petinju Khaosai Galaxy pada tahun 1987.

  

 

3 dari 4 halaman

Menderita Komplikasi

Kairus Sahel sejak Januari lalu diketahui telah menderita sakit komplikasi dan tinggal di rumah istri keduanya di Sukabumi, Jawa Barat. Kairus berobat kerumah sakit. Tetapi, untuk kepentingan perawatan, Fitri, putri kesayangan Kairus Sahel, mengajak orangtuanya ke Bekasi, rumah tinggal Fitri.

Di Bekasi, Fitri merawat Kairus Sahel, pelatih tinju lengendaris yang banyak melahirkan juara. Menurut laporan Rondeaktual, Kairus Sahel diketahui sudah menderita berbagai penyakit, seperti pengroposan tulang, jantung, koresterol, membuatnya mengalami serangan stroke.

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini