Sukses

Pandemi COVID-19, Petinju yang Tampil di Olimpiade Tokyo 2020 Ditentukan Lewat Peringkat

Liputan6.com, Jakarta Pandemi virus Corona COVID-19 kembali mengganggu jalannya persiapan Olimpiade Tokyo 2020. Babak final kualifikasi tinju yang seharusnya berlangsung di Paris, Juni 2021, terpaksa dibatalkan. 

Federasi Tinju Jepang seperti dilansir dari AFP, menyampaikan hal ini pada Selasa (16/2/2021). Menurut mereka, penentuan petinju yang tampil di babak utama akan dilakukan lewat rangking.

Keputusan ini tidak lepas dari pembatasan perjalanan yang diterapkan sejumlah negara di Eropa, termasuk Prancis dalam mencegah penyebaran virus Corona COVID-19. Sebelumnya, agenda ini telah diundur dari April ke Juni sebelum pihak penyelenggara akhirnya angkat tangan dan membatalkannya. 

"Atlet dari sejumlah negara masih dapat bepergian ke Paris tapi sebagian lagi tidak, jadi ini tidak adil," kata Juru Bicara Federasi tinju Jepang, Mayumi Imaeda yang mengaku baru menerima instruksi itu.  

"Atlet-atlet harus tiba lebih awal, dan mereka harus merasa aman dan terjamin. Itu juga harus terbuka dan jujur. Atlet-atlet harus diperlakukan dengan sama rata," beber Imaeda menambahkan. 

 

2 dari 4 halaman

Dikelola Gugus Tugas

IOC sendiri telah memberikan kewenangan kepada gugus tugas untuk menggelar babak kualifikasi Olimpiade 2020 untuk cabang olahraga tinju. Langkah ini terpaksa diambil menyusul dibekukannya organisasi tinju amatir dunia akibat dianggap gagal menjalankan roda organisasi. 

IOC kemudian menunjuk salah seorang anggotanya yang berasal dari Jepang, Morinari Watanabe yang juga presiden federasi senam internasional untuk memimpin gugus tugas tersebut. Mereka dipercaya menggelar babak kualifikasi dan pertandingan pada saat Olimpiade Tokyo 2020. 

 

3 dari 4 halaman

Ditentukan Lewat Rangking

Babak kualifikasi awal untuk cabor tinju seharusnya berlangsung di empat benua. Selanjutnya, yang lolos akan tampil pada putaran terakhir di Paris, Juni 2021. Namun karena pembatalan ini, gugus tugas pimpinan Watanabe terpaksa harus menentukannya lewat rangking petinju yang mereka keluarkan. 

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini