Sukses

Liga Champions: Ajax Compang-Camping Dihajar COVID-19

Liputan6.com, Jakarta Ajax Amsterdam kehilangan banyak pemain jelang matchday ketiga babak penyisihan grup Liga Champions 2020. Tim asal Belanda itu compang-camping dihantam pandemi virus Corona COVID-19.

Seperti dilansir dari foxsports.com.au, setidaknya ada 11 pemain Ajax Amsterdam yang dinyatakan positif COVID-19. Empat di antaranya berasal dari tim reguler yang bakal tampil di Liga Champions

Kapten Ajax, Dusan Tadic dan penjaga gawang Andre Onana termasuk di dalamnya. Kedua pemain andalan Sons of God itu dipastikan absen saat berhadapan dengan Midtjylland, Senin malam ini. 

Dua pemain lainnya, yakni Davy Klaassen dan Ryan Gravenberch juga bernasib sama. Mereka tidak bisa diboyong ke MCH Arena, Denmark pada lanjutan babak penyisihan grup D Liga Champions

Setidaknya tujuh pemain lainnya, termasuk kiper tim cadangan Maarten Stekelenburg dan gelandang serang Zakaria Labyad juga terpaksa ditinggal karena positif COVID-19.

 

2 dari 5 halaman

Dilarang Masuk Denmark

Pelatih Ajax, Ten Hag, dalam jumpa pers jelang lanjutan laga Grup D, tidak terlalu spesifik menjelaskan kondisi yang dialami para pemainya. Dia hanya mengatakan, mereka tidak diizinkan masuk Denmark.

"Ada sejumlah pemain yang tidak diizinkan memasuki Denmark untuk bermain di sini. Mereka bisa tampil di Belanda, tapi tidak di Denmark," kata Ten Hag.

"Saya tidak bisa menyebutkan alasan pastinya dan saya tidak ingin mengomentari secara individu karena alasan privasi," bebernya.

"Yang saya tahu, mereka tidak dapat izin untuk masuk ke Denmark," ujarnya menambahkan.

Meski demikian, Ten Hag tidak membantah bila kendala mereka terkait kesehatan pemain.

 

3 dari 5 halaman

Beda Aturan

Denmark sendiri memberlakukan aturan protokol kesehatan yang ketat terkait COVID-19. Hal ini menyusul meningkatnya kembali kasus tersebut di benua Eropa.

Menurut stasiun televisi RTL Nieuws, bisa jadi beberapa pemain yang dites positif sebelumnya masih memiliki jejak sisa virus saat pemeriksaan darah meski mereka sudah pulih.

"Menurutku ini agak aneh," kata Ten Hag. "Kami bermain di kompetisi Eropa. Tapi negara-negara Eropa punya aturan berbeda soal korona, ”ujarnya.

“Itu aneh dan juga bukan permainan yang adil,” tambah Ten Hag.

 

4 dari 5 halaman

Klasemen Grup D

Ajax saat ini menempati posisi ketiga klasemen Grup D Liga Champions 2020. Ajax baru mengemas 1 poin dari dua laga. Posisi pertama ditempati Liverpool dengan 6 poin disusul Atalanta dengan 4 poin.

5 dari 5 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini