Sukses

Jelang Bergulirnya Kompetisi, Pelatih Persebaya Siapkan Eksekutor Bola Mati

Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso mengklaim telah mempersiapkan beberapa nama untuk menjadi eksekutor bola matih handal

Liputan6.com, Surabaya - Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso mengaku sudah menyiapkan nama-nama eksekutor bola mati. Ia menyatakan hal ini bisa menjadi senjata andalan Bajul Ijo dalam lanjutan Shopee Liga 1 2020 Oktober mendatang.

Namun, Aji tidak mau sesumbar terhadap hal tersebut. Ia lebih fokus untuk melatih skema set piece Persebaya agar dapat melakukannya dengan lebih baik.

Seperti dilansir situs resmi Liga Indonesia, Aji terus menggembleng anak asuhnya dengan memberi menu latihan tendangan bebas ataupun tendangan sudut. Dengan begitu, ia bisa mengetahui sejauh mana perkembangan para pemainnnya.

“Kita terus mengasah kemampuan seluruh pemain, karena itu bagian dari taktik yang akan kita gunakan dalam kompetisi nanti. Hal ini tidak bisa asal latihan sekali dua kali saja tetapi harus berulang-ulang supaya terjadi otomatisasi saat pertandingan,” ujar Aji.

Pelatih Persebaya berusia 50 tahun itu menjelaskan bahwa eksekusi bola mati bisa memecah kebuntuan ketika situasi deadlock. Sehingga, kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Simak Video Persebaya Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Eksekutor Bola Mati

Selama beberapa waktu terakhir, ada beberapa nama yang rajin mengambil tendangan bebas ataupun tendangan sudut. Seperti Makan Konate, Mahmoud Eid dan Hambali Tholib.

Mereka bertiga merupakan beebrapa pemain yang menjadi langganan untuk mengeksekusi bola mati. Bahkan, Hambali pernah mencetak gol lewat tendangan bebas pada ajang pra musim Piala Gubernur Jatim 2020 lalu.

Namun, hingga saat ini Aji enggan menyebut siapa-siapa yang kelak menjadi eksekutor bola mati. Ia beralasan hal tersebut merupakan rahasia dan akan dibongkar pada lanjutan kompetisi nanti.

3 dari 3 halaman

Transisi Bermain

Selain melatih anak asuhnya untuk menjadi eksekutor bola mati yang handal, Aji juga berfokus untuk melatih skuat Bajul Ijo agar lebih baik dalam transisi permainan.

Menurutnya, Irfan Jaya dan kawan-kawan masih memiliki masalah dalam transisi permaian tim baik bertahan maupun menyerang. Oleh karena itu, Aji ingin membereskan kekurangan ini satu per satu sebelum kompetisi benar-benar bergulir lagi.

 

Penulis

Dzaky Nurcahyo

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.