Sukses

Timnas Indonesia U-19 Jalani Latihan Intensif Usai Libur

Liputan6.com, Jakarta Setelah mengikuti International U-19 Friendly Tournament 2020, Timnas Indonesia U-19 kembali lagi menggelar latihan secara intens. Latihan diberikan tiga kali sehari, dan sudah dimulai sejak Senin 14 September 2020. 

Sudah dua pekan lebih anak asuh Shin Tae-yong melaksanakan latihan di Kroasia. Selain latihan, Timnas Indonesia U-19 juga mengadakan tanding uji coba.

Pada tiga laga uji coba itu, skuat Garuda Muda kalah 0-3 dari Bulgaria. Mereka menelan kekalahan dari Kroasia 1-7, dan bermain imbang melawan Arab Saudi dengan skor 3-3.

Shin Tae-yong mengatakan bahwa, ia dan anak asuhnya sempat meliburkan diri dari latihan untuk menjaga kondisi tubuh pasca uji coba tanding. 

"Setelah kemarin kami meliburkan latihan kepada pemain. Hari ini latihan normal dengan intensitas tinggi. Pemain terus menunjukkan perkembangan yang positif dan mereka selalu bekerja keras," kata pelatih timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong.

Pemain muda David Maulana pun mengaku menikmati setiap menu latihan yang diberikan oleh pelatih Shin Tae-yong. 

 "Pelatih terus mengasah kemampuan kami. Peningkatan fisik, stamina menjadi fokus utama. Selain itu, kami harus selalu bersemangat, kerja keras dan fokus," kata David Maulana.

2 dari 4 halaman

Jadwal Lanjutan Uji Coba Timnas U-19

Setelah melakoni uji coba melawan Bulgaria, Kroasia dan Arab Saudi, kini skuat Garuda Muda akan melaksanakan uji coba tanding kembali dengan empat tim di Kroasia.  

"Selanjutnya kami telah siapkan pertandingann uji coba untuk timnas U-19 bulan September ini di TC Kroasia. Mereka akan dua kali melawan Qatar pada tanggal 17 serta 20, lalu Bosnia dan Herzegovina tanggal 25, dan terakhir Dinamo Zagreb tanggal 28," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Iriawan menambahkan bahwa ia melihat skuat Garuda Muda sudah menunjukkan perkembangan yang signifikan selama dua pekan menjalani pelatihan di Kroasia. Termasuk saat ia melihat timnas U-19 uji coba melawan Bulgaria, Kroasia, dan Arab Saudi.

"Tiga uji coba kemarin memang dari segi hasil kami tidak bisa menang, namun tim ini sedang berproses dan terus berkembang. Kami harap pemain terus berjuang keras dan bersemangat menjalani pemusatan latihan. PSSI akan terus mendukung penuh program dari pelatih Shin Tae-yong untuk timnas U-19," tambah Irawan. 

3 dari 4 halaman

Tanpa Turnamen

Timnas Indonesia U-19 dipastikan tanpa turnamen resmi di tahun ini. Pasalnya, otoritas sepak bola Asia (AFC) memutuskan menunda penyelenggaraan Piala AFC U-19 hingga awal tahun 2021.

Penundaan itu diputuskan setelah AFC mengadakan rapat virtual, Kamis (9/9/2020) WIB. Pandemi covid-19 menjadi penyebab Piala AFC U-19 yang dijadwalkan berlangsung di Uzbekistan ditunda.

Penulis : Ray Kevin Agape

 

 

 

 

4 dari 4 halaman

Simak Video Timnas Indonesia U-19