Sukses

Ravil Shandyka Mulai Beradaptasi dengan Tim Senior Persib

Ravil Shandyka sudah bisa beradaptasi dengan latihan senior Persib, walaupun masih agak canggung.

Liputan6.com, Jakarta Jelang bergulirnya Shopee Liga 1 Oktober mendatang, klub-klub yang akan ikut serta termasuk Persib Bandung sudah memulai sesi latihan bersama. Di tengah pandemi virus Corona, Persib tetap meningkatkan kemampuan fisik serta mental pemain, yang sudah sejak lama tidak menjajal lapangan hijau. 

Shopee Liga 1 2020 akan menerapkan regulasi baru yang dikeluarkan oleh PT. Liga Indonesia Baru, yaitu mewajibkan klub peserta menyertakan minimal dua pemain dibawah 20 tahun saat kompetisi berlanjut. Regulasi itu bertujuan untuk mempersiapkan pemain U-20 tampil di Piala Dunia U-20 2021 mendatang. 

Salah satu pemain muda Persib yang dipanggil untuk latihan bersama senior yaitu, Ravil Shandyka. Selama satu pekan latihan bersama tim asuhan Robert Rene Albert, Ravil sudah dapat beradaptasi.

Walaupun sudah beradaptasi dengan pemain senior, Ravil masih merasakan canggung saat menerapkan program latihan. 

"Alhamdulilah, mungkin berkat para senior juga kami bertiga sudah mulai agak beradaptasi. Rasa canggung masih ada, tapi pelan-pelan pasti bisa lepas karena bimbingan pemain senior," ujar Ravil, pada Selasa (01/08/2020) di laman resmi Persib. 

Tak hanya itu, pemain binaan Diklat Persib ini pun merasa nyaman dengan program latihan yang diberikan oleh tim pelatih. Menurutnya, banyak ilmu baru yang bisa ia dapatkan sejak bergabung pekan lalu. 

"Kalau program latihan mungkin tidak terlalu jauh juga dengan program di Diklat. Tapi, banyak hal baru, banyak pelajaran yang berharga dari tim senior," kata Rival. 

Tak hanya itu Rival merasa sudah mendapatkan banyak perkembangan dalam kemampuan sepak bola secara individu dan secara tim. 

Suasana kekeluargaan Persib membuat program latihan ini membuat ia menjalani latihan lebih hangat dan nyaman. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persib Tunggu Jadwal Resmi Liga 1

Selama pelaksanakan latihan bersama yang sudah berlasung tiga pekan, Persib Bandung  juga masih menunggu kepastian jadwal resmi kompetisi Liga 1 2020, setelah PSSI sebelumnya memberhentikan sementara karena pandemi yang melanda dunia.

Walaupun jadwal tak kunjung keluar, Persib Bandung tetap berpegang kepada program latihan yang telah mereka buat.  

“Kita masih menunggu jadwal resmi dari PT LIB. Kita tetap sesuai dengan program yang sudah kita buat, menjelang satu bulan kompetisi. Jadi begitu jadwal turun, kita menyesuaikan dengan persiapan yang dibuat,” kata pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Senin 31 Agustus 2020. 

Namun disamping itu, Yaya Sunarya sangat yakin dalam proses persiapan timnya, Yaya optimistis. Menurut dia, tim pelatih melihat adanya peningkatan di setiap sesi latihan tim, baik dari segi mental maupun fisik. 

“Semua menjadi bahan evaluasi buat kita, setiap minggunya. Progress yang kita buat semakin bagus, ada peningkatan. Sejauh ini, kondisi fisik atau maintainance dari segi taktik juga semakin meningkat,” ungkapnya 

 

Penulis : Rak Kevin Agape

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.