Sukses

Equinara Pulomas Open 2020 Hadirkan Kompetisi Kuda Poni

Equinara Pulomas Open 2020 digelar 15-16 Agustus 2020.

Liputan6.com, Jakarta- Equinara Pulomas Open kembali digelar. Pada edisi 2020 ini ada beberapa hal baru yang disajikan dibandingkan tahun sebelumnya, salah satunya kompetisi kuda poni Indonesia Pony Club Rally.

Ajang diselenggarakan di Equinara Horse Sports, Jakarta International Equestrian Park Pulomas pada tanggal 15-16 Agustus 2020 itu total mempertandingkan dua kategori kompetisi. Selain Indonesia Pony Club Rally, ada FEI (Federasi Equestrian Internasional) Jumping World Challenge. 

Equinara Horse Sports menjadi tuan rumah FEI Jumping World Challenge di Indonesia untuk kompetisi pertama saat ini, yang nantinya tanggal 20-22 November 2020 Equinara Horse Sports kembali dipercaya untuk menjadi tuan rumah FEI Jumping World Challenge. 

FEI Jumping World Challenge & 1st Indonesia Pony Club Rally secara umum mempertandingkan 12 kelas, yakni 5 (lima) kelas dressage (tunggang serasi) dan 7 (tujuh) kelas show jumping (lompat rintangan). Khusus untuk FEI Jumping World Challenge pertandingan akan terbagi dalam 3 (tiga) kategori, yakni kategori A untuk kelas jumping 120-130 cm, kategori B untuk kelas jumping 110-120 cm dan kategori C untuk kelas jumping 100-110 cm. 

Nantinya atlet equestrian terbaik Indonesia dari kelas jumping kategori A akan menjadi wakil Indonesia dalam Final FEI Jumping World Challenge yang diadakan di Senegal, Afrika pada tahun 2021.

Indonesia Pony Club Rally, yakni kompetisi equestrian pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mempertandingkan kelas khusus untuk sports pony (kuda poni dengan tinggi maksimum 1,48 meter sesuai dengan FEI Chapter 9 Article 1082-1088).

 

Saksikan Video Menarik Berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar

Kegiatan Equinara Pulomas Open 2020 digagas oleh Ibu Dr. Adinda Yuanita. Beliau adalah founder dari Equinara Horse Sports sekaligus menjabat posisi sebagai Sekretaris Jenderal PP. PORDASI (Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia). 

"Kompetisi Indonesia Pony Club Rally ini dibentuk untuk menjadi role model bagi penyelenggaraan kompetisi sports pony lainnya di seluruh penjuru Indonesia. Pony Club Rally merupakan sebutan untuk kompetisi equestrian yang secara khusus diikuti oleh rider (penunggang) dengan kuda sports pony," ujar Dr. Adinda Yuanita. 

 

3 dari 3 halaman

Protokol Kesehatan

Equinara Pulomas Open 2020 diselenggarakan dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19, dimana Equinara Horse Sports sangat membatasi jumlah peserta dalam pertandingan ini. 

Dari total jumlah kandang yang dimiliki oleh Equinara Horse Sports, yakni sebanyak 156 kandang, Equinara Horse Sports hanya menyediakan 74 kandang (atau kurang dari 50% kapasitas) untuk pertandingan Equinara Pulomas Open 2020.

Selain itu, pelaksanaan kegiatan ini didampingi langsung oleh pihak Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, Satpol PP DKI Jakarta serta pihak kepolisian, sehingga dapat dikatakan bahwa pertandingan ini benar-benar mematuhi dan sesuai dengan

Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 33 Tahun 2020 tertanggal 9 April 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Surat Edaran KEMENPORA No. 6.11.1/Menpora/VI/2020 tertanggal 21 Juni 2020 tentang Protokol Pencegahan Penularan Corona Virus Disease (Covid-19) pada Kegiatan Kepemudaaan dan Keolahragaan dalam Mendukung Keberlangsungan Pemulihan

Kegiatan Melalui Adaptasi Perubahan Pola Hidup dalam Tatanan Normal Baru serta Kebijakan FEI dalam Penyelenggaraan Pertandingan Equestrian selama Masa Pandemi Covid-19.

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.