Sukses

Data Kecelakaan Terkuak, Marc Marquez Dijuluki Manusia Super usai Tampil di MotoGP Andalusia

Data dari airbag yang dikenakan Marc Marquez saat kecelakaan di MotoGP Spanyol 2020, akhir pekan lalu, diumumkan ke publik. Seperti apa datanya?

Liputan6.com, Jerez - Data baru dari kecelakaan yang menimpa Marc Marquez terungkap. Rider Repsol Honda itu merasakan tekanan gravitasi (G-Force) sebesar 25,98 saat terjatuh di Sirkuit Jerez pada MotoGP Spanyol, Minggu (19/7/2020).

Angka itu muncul dari airbag yang dikenakan Marc Marquez saat balapan. G-Force sebesar 25,98 diterimanya ketika motor mengenai lengan kanan sehingga mengalami cedera dan membutuhkan operasi.

G-Force merupakan tekanan yang dihadapi pembalap saat beraksi. Istilah ini dipakai untuk menerangkan dampak gaya gravitasi bumi yang dirasakan. Kondisinya bisa berubah dipengaruhi berbagai faktor, salah satunya temperatur tinggi.

Data terbaru juga menunjukkan Marquez terpental hampir selama empat detik setelah crash.

Dengan menerima G-Force sebesar 25,98, perjuangan Marc Marquez tampil pada sesi ketiga latihan bebas MotoGP Andalusia di lokasi sama, Sabtu (25/7/2020), membuatnya dijuluki manusia super. 

Saksikan Video Marc Marquez Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kecelakaan Serius

Pembalap berusia 27 tahun tersebut terjatuh akibat masalah ban belakang saat melewati Tikungan 3 Sirkuit Jerez. Saat itu dia melaju 150 km/jam.

Marquez mengalami cedera patah humerus lengan kanan. Beruntung, saraf radial tidak terkena.

Dia kemudian menjalani operasi Selasa (21/7/2020). Setelah pemulihan, Marquez dinyatakan fit. Setelah melewatkan sesi latihan bebas hari pertama MotoGP Andalusia, Jumat (24/7/2020), dia akhirnya kembali ke trek pada h-1 jelang balapan.

 

3 dari 4 halaman

Marquez di FP3

Marquez menyelesaikan sesi pertama di posisi 18. Dia berada satu detik di belakang Maverick Vinales yang tengah memimpin.

Setelah berdiskusi dengan Xavier Mir, dokter yang memimpin operasinya, dia kembali ke trek dan berusaha memperbaiki waktu.

Sempat naik posisi ke 15 saat FP3 menyisakan 15 menit, catatan waktu Marquez turun satu tingkat lima menit berselang.

Marquez lalu masuk pit saat sesi tersisa tujuh menit dan tidak keluar lagi. Dia akhirnya menutip FP3 di posisi 19. Jika digabung dengan sesi sebelumnya, catatan waktunya turun satu tingkat.

4 dari 4 halaman

Mulai dari Q1

Berada di posisi tersebut, Marquez harus melewati sesi kualifikasi pertama (Q1). Dia mesti berada di dua posisi teratas Q1 sebelum terlibat perebutan pole di Q2.

Usahanya tidak akan mudah. Sebab, nama-nama seperti Andrea Dovizioso, Cal Crutchlow, dan kemungkinan Alex Rins juga tampil di Q1.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.