Sukses

PSSI Ajak Shin Tae-yong Bicarakan TC Timnas Indonesia U-19 di Korsel

PSSI ingin diskusi terkait TC Timnas Indonesia U-19 dilakukan di Jakarta agar obrolan dapat dilakukan mendalam dan menyeluruh.

Liputan6.com, Jakarta - PSSI belum menutup kemungkinan Timnas Indonesia U-19 menggelar pemusatan latihan di Korea Selatan. Mereka akan mendiskusikannya dengan manajer pelatih Shin Tae-yong.

"Dia tetap meminta timnas U-19 TC di Korea Selatan. Saya mengatakan, ‘Anda harus ke sini dahulu’. Kami berharap dia sudah di Jakarta pada minggu kedua Juli," ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dikutip Antara.

Mochamad Iriawan menyampaikan itu kepada Shin Tae-yong saat menggelar rapat virtual, Jumat (26/7/2020). Dia melanjutkan, PSSI ingin diskusi terkait TC Timnas Indonesia U-19 dilakukan di Jakarta agar obrolan dapat dilakukan mendalam dan menyeluruh.

Sosok yang akrab disapa Iwan Bule ini menyebut keberatan PSSI mengenai TC di Korea Selatan. Salah satunya adalah mengirim skuat bayangan berisi 44 orang ke Negeri Ginseng saat pandemi Covid-19.

"Pertama, kalau membawa 44 pemain, bagaimana jaminan keselamatan dan kesehatan mereka di sana? Lebih praktis kalau Shin Tae-yong dan tim yang ke Indonesia, paling hanya ada lima atau enam orang. Kita bisa jamin perlindungan kesehatannya," katanya.

Shin Tae-yong dan empat koleganya di staf pelatih timnas Indonesia yaitu Kim Hae-woon, Kim Woo-jae, Lee Jae-hong serta Gong Oh-kyun masih berada di Korea Selatan. Mereka sudah di sana sejak April 2020.

Saksikan Video Timnas U-19 Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keberatan Lain

Kedua, Shin Tae-yong tidak bisa menangani timnas senior jika timnas U-19 berangkat ke Korea Selatan. Padahal timnas senior juga bagian dari tanggung jawabnya.

Padahal, skuat Garuda akan berlaga di tiga laga terakhir Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada 8 Oktober 2020.

"Kalau dia membawa timnas U-19 ke Korea, bagaimana dengan timnas senior? Jadi kami bukannya tidak mau ke Korea Selatan, tetapi mesti ada kesinambungan," tutur Iriawan.

3 dari 4 halaman

Skenario Berangkat ke Korsel

Namun, andai keputusan yang diambil adalah memberangkatkan timnas U-19 ke Korea Selatan, Iriawan menegaskan jumlah pemain yang dibawa sekitar 23-30 orang.

"Akan tetapi, jika seperti itu, para pemain yang ke sana juga mesti menjalani karantina selama 14 hari sebelum berlatih," ujar Iriawan.

4 dari 4 halaman

Tatap Piala Asia

Timnas U-19 akan berkompetisi di Piala AFC 2020 di Uzbekistan pada 14-31 Oktober. Di turnamen itu, Indonesia bergabung di Grup A bersama Iran, Kamboja dan tuan rumah.

Timnas U-19 dipersiapkan untuk mewakili Indonesia saat menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.