Sukses

Emil: Bukan Cuma Persib, Klub Jabar Boleh Ajukan Pengetesan Covid-19

Liputan6.com, Bandung - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat Ridwan Kamil membuka pintu bagi klub sepak bola di Jabar untuk mengajukan permohonan pengetesan. Pihaknya siap memfasilitasi tes tersebut.

“Tidak hanya Persib, tapi semua klub yang akan memulai proses kompetisi (liga) silakan ajukan (permohonan pengetesan), nanti difasilitasi oleh Gugus Tugas provinsi, termasuk Persikabo, Cimahi, dan lainnya,” kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, usai meninjau pengetesan pemain Persib, Jumat (3/7/2020).

Persib jadi yang pertama menjalani tes. Menurut Emil, pihaknya memfasilitasi pengetesan karena klub berjuluk Maung Bandung ini siap untuk menjalani latihan jelang berlaga di Liga 1.

“Hari ini kami memfasilitasi pengetesan PCR (tes swab) yang diajukan oleh PT Persib Bandung Bermartabat sehubungan pasukan pemain sudah siap untuk latihan,” ujar Emil.

Adapun PSSI mensyaratkan ada rapid test. Namun menurut Emil, lebih baik langsung swab. "Kita fasilitasi supaya 100 persen keluarga besar Persib dan pemainnya bisa melakukan latihan yang akan dimulai pada minggu depan sekitar tanggal 10 Juli,” ucapnya.

2 dari 4 halaman

Te Lanjutan

Emil menyebut masih ada beberapa pemain asing yang belum kembali ke Bandung. Nantinya, pemain yang bersangkutan akan menjalani swab test secara terpisah akan difasilitasi.

“Masih ada beberapa pemain dari luar negeri yang belum datang, nanti sedatangnya (di Bandung) kami kirim ke laboratorium khusus individu, (pemain asing) yang sudah di Bandung kita tes di tempat Persib,” kata Emil.

3 dari 4 halaman

46 Orang

Sebanyak 46 orang yang terdiri dari pemain, pelatih, dan staf Maung Bandung mengikuti tes usap PCR di Graha Persib, Kota Bandung, Jumat, (3/7/2020). Kegiatan dilakukan jelang bergulirnya kembali sesi latihan dan kompetisi.

Dokter Persib Raffi Ghani mengatakan pemeriksaan itu merupakan salah satu protokol kesehatan Covid-19 yang perlu dijalani.

"Kita segera berlatih bersama, semua sudah melakukan tes PCR hari ini. Yang diperiksa dari pemain, pelatih dan ofisial 46 orang," kata Raffi.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Persib Berikut Ini