Sukses

Mantan Bos F1 Berkomentar Rasis, Lewis Hamilton: Bodoh dan Tidak Berpendidikan

Jakarta - Mantan bos Formula 1 (F1) Bernei Ecclestone berkomentar rasis. Padahal, kasus rasis terus jadi pusat perhatian di seluruh dunia.

Ecclestone yang memegang hak komersial F1 selama 40 tahun menyebut dalam beberapa kasus, pria kulit hitam lebih rasis ketimbang pria kulit putih.

Sontak komentar Ecclestone memantik kontroversi. Salah satunya datang dari pembalap kulit hitam di F1 Lewis Hamilton.

Hamilton mengaku sangat sedih dan kecewa dengan komentar Ecclestone. Dia bahkan tidak segan menyebut pria yang cabut dari F1 pada 2017 itu orang bodoh dan tidak berpendidikan.

"Komentar bodoh dan tidak berpendidikan yang menunjukkan kita sebagai masyarakat perlu melangkah sebelum kesetaraan nyata dapat terjadi," tulis Hamilton di Instagram.

"Jika seseorang yang menjalankan olahraga ini dalam kurun waktu lama tapi memiliki pemahaman dangkal terkait isu ini, bagaimana kita bisa berharap orang yang bekerja di bawahnya mengerti. Semua dimulai dari atas," lanjut pembalap Mercedes itu.

2 dari 2 halaman

Komentar F1

Pihak F1 telah memberikan keterangan resmi terkait kontroversi ucapan dari Eccclestone. Mereka menegaskan F1 tidak setuju dengan komentar pria asal Inggris tersebut.

"Sepenuhnya tidak setuju dengan komentar Bernie Ecclestone yang tidak punya tempat di Formula 1 atau masyarakat," tulis keterangan tersebut.

Pihak F1 juga mengumumkan jabatan Chairman Emeritus yang diemban Ecclestone pada event balap jet darat sudah berakhir di awal tahun 2020.

Sumber: CNN

Disadur dari Bola.com (Penulis dan Editor Hendry Wibowo, Published 28/6/2020).