Sukses

Real Madrid-Barcelona Saling Sikut, Berikut 4 Laga yang Bisa Jadi Penentu Gelar La Liga

Karena unggul rekor head to head, Real Madrid berhak memuncaki klasemen meski Barcelona juga mendapat 68 angka.

Liputan6.com, Jakarta Setelah sempat tergusur dari posisi teratas, Real Madrid kembali memuncaki klasemen La Liga. Los Blancos ke puncak lagi usai menang dua gol tanpa balas saat menjamu Real Mallorca di Stadion Alfredo di Stefano, Kamis (25/6/2020) dinihari WIB.

Tambahan tiga angka ini membuat Real Madrid mengoleksi 68 angka. Karena unggul rekor head to head, Real Madrid berhak memuncaki klasemen meski Barcelona juga mendapat 68 angka.

Real Madrid dan Barcelona memiliki poin sama di klasemen La Liga. Dengan delapan pertandingan tersisa, ada empat pertandingan yang berpotensi menentukan nasib gelar LaLiga .Perebutan gelar La Liga sama mendebarkannya dengan persaingan Barcelona dan Real Madrid bisa ditentukan dengan head to head. Dinamika musim liga 2019/20 sekarang telah berubah secara drastis.

Barcelona sempat terpeleset dalam perburuan gelar setelah bermain imbang 0-0 lawan Sevilla pada Sabtu lalu. Ini memungkinkan Real Madrid naik ke puncak klasemen untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan, dan akhirnya terbukti usai kalahkan Real Sociedad.

Dengan delapan putaran pertandingan yang akan dimainkan, baik Barcelona dan Real Madrid - ada di puncak dengan 68 poin. Dan, tentunya mereka akan berharap bisa mengambil kemenangan di sisa pertandingan.

Jika poin pada akhir musim tetap sama, Real Madrid akan dinobatkan sebagai juara karena rekor head-to-head yang unggul. Berikut ada 4 pertandingan yang bisa menentukan dalam konteks gelar La Liga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Barcelona vs Atletico

Mungkin jadwal paling jelas dalam daftar ini, perjalanan Atletico Madrid ke Barcelona pada 1 Juli akan menjadi pertandingan penting di jalur sang juara. Tim asuhan Diego Simeone bisa memberikan pukulan mematikan untuk ambisi mereka.

Atletico terlepas dari status dan ambisinya, mereka dengan tegas sudah keluar dari perburuan gelar. Namun, Los Rojiblancos sedang menjalani delapan pertandingan tak terkalahkan di liga yang berlangsung sejak awal Februari.

Barcelona membutuhkan kemenangan di menit 86 lewat gol Lionel Messi untuk bisa melewati Atletico saat terakhir kali mereka bertemu. Mereka mungkin membutuhkan lebih banyak kali ini terutama mengingat kembalinya bintang Atleti Joao Felix.

3 dari 5 halaman

2. Real Madrid vs Getafe

Meskipun mereka bukan tim yang biasanya akan pergi ke Santiago Bernabeu sebagai favorit untuk memenangkan pertandingan, Getafe menghadirkan perlawanan yang sulit bagi Los Blancos.

Getafe adalah tim yang sangat terlatih dan telah mencatatkan kemenangan atas Real Sociedad, Valencia, Ajax, dan lainnya di La Liga dan di Eropa. Azulones hanya kebobolan 28 gol musim ini, rekor terbaik keempat di liga.

Dalam situasi krusial seperti itu bisa menjadi bencana bagi kedua belah pihak, dan Getafe telah menunjukkan ketahanan mereka pada beberapa kesempatan tahun ini. Meskipun penampilan mereka sejak restart mungkin tidak terlalu mengesankan, mereka berpotensi menjadi lawan yang sulit untuk dilewati Real Madrid.

4 dari 5 halaman

3. Real Madrid vs Villarreal

Kapal Selam Kuning, jukukan lain Villarreal, memiliki musim yang menarik sejauh ini. Kebangkitan Santi Cazorla setelah kepindahannya dari Arsenal bersama dengan tambahan menarik seperti Paco Alcacer dan telah mendorong ambisi klub tahun ini.

Villarreal telah membuat awal yang luar biasa ke post-lockdown dengan tiga kemenangan 1-0 berturut-turut atas Mallorca, Celta Vigo, dan Granada. Pasukan Javier Calleja berada di puncak kualifikasi untuk kompetisi Eropa tahun depan.

Dengan pencetak gol terbanyak Gerard Moreno ingin meningkatkan penghitungan 12 gol LaLiga dan Cazorla dengan sentuhan luar biasa, Villarreal bisa menjadi ancaman bagi Real Madrid di Estadio Alfredo Di Stefano. Perburuan mereka untuk tempat-tempat Eropa dapat memberi mereka insentif untuk menghentikan hasil di Madrid.

5 dari 5 halaman

4. Alaves vs Barcelona

Dengan kemungkinan perburuan gelar berlangsung sampai hari terakhir musim ini, pertandingan tandang Barcelona di Alaves bisa menjadi sangat penting.

Perjalanan ke Alaves pada hari terakhir musim bisa menjadi ujian penting buat Barcelona. The Catalans telah kehilangan lima pertandingan liga di jalan tahun ini. Di sisi lain, Alaves telah berjuang mati-matian untuk mendaftarkan kemenangan kandang melawan Real Sociedad dan Athletic Bilbao.

Tidak ada kemenangan yang tidak dapat diterima bagi Barcelona karena Real Madrid hampir dijamin untuk menyegel tiga poin pada hari terakhir karena mereka menghadapi Leganes yang terancam degradasi. Tekanan dari perburuan gelar selanjutnya dapat menjadikan pertandingan ini sebagai ujian utama bagi Barcelona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini