Sukses

PT LIB Beri Isyarat Waktu Pelaksanaan Shopee Liga 1 2020

Liputan6.com, Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi mengindikasikan bakal memulai kembali Shopee Liga 1 2020 dan Liga 2 pada Oktober.

"Kami menyiapkan dua opsi pelaksanaan kompetisi yaitu pertengahan September dan awal Oktober 2020. Namun kemungkinan dimulai awal Oktober," ujar Direktur Operasional PT LIB Sudjarno.

Menurut Sudjarno, PT LIB masih menyusun rancangan waktu agar seluruh peserta Shopee Liga 1 dan Liga 2 dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin. Pada saat bersamaan, mereka juga bekerja sama dengan PSSI untuk membicarakan peraturan yang akan diterapkan.

"Regulasi sedang disusun bersama PSSI, termasuk untuk Liga 2. Kami juga menyesuaikan semuanya dengan jadwal internasional tim nasional Indonesia," tutur Sudjarno dilansir Antara.

Dalam rapat Komite Eksekutif, Rabu (17/6/2020), PSSI resmi memutuskan Shopee Liga 1 dan Liga 2 I2020, yang berhenti sejak Maret karena pandemi Covid-19, akan dilanjutkan.

2 dari 3 halaman

Masih Banyak Tanda Tanya

Namun, belum ada kepastian soal tanggal dimulainya kompetisi. PSSI hanya menyebut kedua kompetisi berlangsung kembali mulai September atau Oktober.

Terkait lanjutan liga, PSSI menyarankan agar pertandingan seluruhnya dilaksanakan di Pulau Jawa demi menekan penyebaran Covid-19. Tapi, belum ada juga penentuan lokasi laga.

3 dari 3 halaman

Tanpa Degradasi

Shopee Liga 1 2020 rencananya akan dilanjutkan dengan format semusim penuh. Sementara Liga 2 2020 menggunakan format "home tournament". Kedua kompetisi diproyeksikan berlangsung tanpa degradasi.

Sementara tim promosi dari Liga 2 dibatasi hanya dua dari sebelumnya tiga klub.