Sukses

Nasib 3 Wonderkid Indonesia Saat Berkarier di Eropa

Bagaimana statistik Egy Maulana Vikri selama bermain di Eropa?

Jakarta - Dua tahun belakangan, Indonesia mulai mengekspor wonderkid ke Eropa. Diawali dengan bergabungnya Egy Maulana Vikri bersama klub Polandia, Lechia Gdansk.

Egy Maulana Vikri merapat ke Lechia pada 2018 lalu. Gelandang berusia 19 tahun ini menandatangani kontrak selama tiga tahun.

Musim ini menjadi tahun kedua Egy di Lechia. Sayangnya, kesempatan untuk tampil reguler masih minim didapatkan.

Pada musim pertama, Egy hanya bertanding dua kali. Itu pun selalu berangkat dari bangku cadangan. Jumlah menit bermainnya terbilang menyedihkan, total hanya sepuluh menit.

Statistik Egy pada musim ini masih stagnan. Ia baru tampil sekali dengan catatan 45 menit bermain. Jika tidak kunjung berkembang, Egy disarankan untuk mencari tantangan baru di negara lain.

"Pasti target saya musim depan ingin bermain lebih banyak dan menunjukkan keinginan saya untuk bermain. Setelah itu, baru saya bisa melihat ke depan," ujar Egy.

"Saya masih ingin bermain di Eropa karena rasa penasaran. Sebab saya ingin merasakan bagaimana bermain di dalamnya, meningkatkan ilmu pengetahuan dan masuk skuat ini, yang menurut saya sangat sulit. Untuk masuk ke skuat 18 pemain saja sangat sulit karena harus kerja keras. Lalu saya belum tahu bagaimana ke depannya, saya belum menyerah dan ingin bermain di Eropa lagi," ucapnya.

Jika Egy Maulana Vikri masih sulit untuk menembus skuat utama, bagaimana dengan para pemain muda Indonesia lainnya di Eropa?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Witan Sulaeman

Karier Witan Sulaeman di Eropa masih seumur jagung. Gelandang berusia 18 tahun ini baru bergabung dengan klub Serbia, FK Radnik Surdulica pada Februari 2020.

Witan dikontrak Radnik selama tiga setengah tahun. Artinya, kerja sama kedua belah pihak baru akan kedaluwarsa pada 2023.

Baru juga merapat, Witan terpaksa harus kembali ke Indonesia karena pandemi virus corona yang memaksa kompetisi di Serbia dihentikan.

Belum lama ini, Witan telah kembali ke Serbia karena dipanggil Radnik. Pasalnya, SuperLiga Serbia telah dilanjutkan pada akhir Mei lalu.

Karena baru bergabung, Witan masih belum pernah diturunkan oleh pelatih Radnik, Simo Krunic. Mantan pemain PSIM Yogyakarta ini harus bekerja ekstra keras agar menembus skuat inti.

3 dari 3 halaman

Firza Andika

Dibanding Egy dan Witan, nasib Firza Andika paling malang. Tidak sampai setahun, kontraknya diputus oleh klub Belgia, AFC Tubize.

Firza bergabung dengan Tubize pada Januari 2019 setelah tampil memukau bersama Timnas Indonesia U-19. Kala itu, tim tersebut masih berkutat di kasta kedua Liga Belgia.

Kepindahan Firza ke Tubize dijembatani oleh Northcliff. Namun di tengah jalan, perusahaan tersebut dikabarkan lari dari tanggung jawab.

Kabarnya, Northcliff, yang juga menjadi sponsor Tubize, tidak profesional dalam menjalin kerja sama. Alhasil, gaji Firza disebut ditunggak selama enam bulan.

Akhirnya, Firza memutuskan untuk pulang ke Indonesia dan bergabung dengan PSM Makassar pada pertengahan 2017 sebelum mencatat debutnya bersama Tubize.

Disadur dari Bola.com (Muhammad Adiyaksa / Benediktus Gerenda Pradigdo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini