Sukses

PSSI Bantah Kabar Liga 1 2020 Akan Dihentikan Total

Jakarta - PSSI merespons kabar Shopee Liga 1 2020 akan dihentikan total. Keputusan mengenai nasib kompetisi akan tetap dibuat pada rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah menggelar pertemuan virtual dengan 18 tim Shopee Liga 1 pada Rabu (27/5/2020). Hasilnya, kebanyakan peserta menginginkan kompetisi dibatalkan.

Giliran kontestan Liga 2 2020 yang akan diajak diskusi oleh PSSI dan PT LIB pada 2 Juni 2020 untuk membahas nasib kompetisi. Pertemuan kembali berlangsung secara virtual.

"Pertemuan dengan klub-klub Liga 2 rencananya berlangsung pada Selasa, 2 Juni 2020. Yang bilang kompetisi dibatalkan, dari mana?" ujar Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi kepada Bola.com, Kamis (28/5/2020).

Soal kapan jadwal rapat Exco untuk menentukan masa depan Shopee Liga 1, Yunus masih belum tahu. Pihaknya tengah menunggu instruksi dari Ketua PSSI, Mochamad Iriawan.

"Kan belum rapat Exco. Nanti rapat Exco yang memutuskan status kompetisi. Saat ini, masih menunggu jadwal dari Ketua PSSI," jelasnya.

2 dari 2 halaman

Kompetisi Tidak Lanjut dan Disiapkan Pengganti

Sebelumnya, Direktur Bisnis PT Liga Indonesia Baru (LIB), Rudy Kangdra mengatakan bahwa Shopee Liga 1 musim ini akan dibatalkan. Kejuaraan pengganti segera disiapkan antara turnamen atau kompetisi dengan format yang baru.

Ada sejumlah opsi yang dipertimbangkan sebagai pengganti kompetisi. Satu di antaranya adalah menggelar turnamen.

Alternatif lainnya ialah membuat kompetisi baru yang bisa dimulai pada September 2020 dengan mempertimbangkan banyak faktor.

"Kompetisi sudah pasti tidak lanjut. Karena kondisinya berbeda. Mungkin nanti akan diganti berupa turnamen atau kompetisi yang baru lagi untuk momen kami membereskan semuanya. Umpamanya dimulai pada September 2020 dan disesuaikan dengan kalender FIFA," imbuh Rudy.

Disadur dari Bola.com (Muhammad Adiyaksa/Wiwig Prayugi, published 28/5/2020)