Sukses

Topeng Bane Musuh Batman Laku Keras di Pasaran Selama Pandemi Covid-19

Para dokter dan ahli merekomendasikan penggunaan masker untuk mencegah penularan COVID-19. Beberapa masyarakat dunia pun tampaknya tetap ingin tampil unik meski harus mengenakan penutup wajah.

Liputan6.com, New York - Para dokter dan ahli merekomendasikan penggunaan masker untuk mencegah penularan COVID-19. Beberapa masyarakat dunia pun tampaknya tetap ingin tampil unik meski harus mengenakan penutup wajah.

Beberapa toko kostum daring seperti Costume.com, BuyCostumes.com, dan HalloweenCostumes.com melaporkan adanya peningkatan penjualan topeng musuh Batman, Bane versi Tom Hardy dari film The Dark Knight Rises tahun 2012.

"Melihat angka penjualan, topeng dewasa ini memiliki lonjakan penjualan pada bulan April dan awal Mei, yang tidak biasa untuk tahun ini," kata juru bicara situs Costume.com, David DeJac kepada Hollywood Reporter dikutip Minggu (24/5/2020).

Tentu saja, masker ini belum terbukti efektif untuk mencegah tertular COVID-19.

Dikutip dari New York Post, tentara Amerika Serikat juga telah mengeluarkan pernyataan bahwa topeng Bane, bersama dengan topeng maupun penutup wajah dari karakter budaya populer lainnya seperti Darth Vader, tidak bisa mencegah penularan virus corona COVID-19.

DeJac mengatakan bahwa pelanggan mereka tampaknya lebih tertarik untuk membeli topengnya saja. Hal ini karena pakaian Bane lainnya masih tersedia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peningkatan Penjualan

Hal ini membuat mereka harus membatasi pasokan karena topeng yang berlisensi resmi dibuat di Tiongkok. Tidak hanya topeng Bane, DeJac mengatakan mereka mengalami peningkatan penjualan serta pencarian masker atau topeng di tahun ini.

Laman penjualan daring untuk produk-produk buatan tangan di Amerika Serikat Etsy juga melaporkan lonjakan pencarian versi masker kain dari topeng Bane. Namun, mereka juga telah memberikan catatan bahwa produk yang dijualnya tidak berstandar medis.

3 dari 3 halaman

Klaim Medis

"Barang yang dijual di Etsy seperti masker dan pembersih tangan, bukan kelas medis. Penjual di Etsy tidak dapat membuat klaim medis atau kesehatan," tulis mereka.

Penulis: Giovani Dio Prasasti/Benedikta Desideria, health Liputan6, published 26/5/2020

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini