Sukses

Erling Haaland Mengaku Tak Nyaman dengan Sorotan Media

Jakarta Penampilan bomber Borussia Dortmund, Erling Haaland, kini tengah bersinar. Kendati begitu, Haaland merasa tak nyaman dengan perhatian berlebih yang ditujukan kepadanya.

Pada musim ini, pemain berusia 19 tahun tersebut mencuri perhatian. Dia berhasil mencetak 28 gol dan tujuh assist dari 22 pertandingan bersama RB Salzburg.

Performa gemilang Erling Haaland tersebut membuat sejumlah klub besar Eropa tertarik mendapatkan jasanya, mulai dari Manchester United, Real Madrid, dan Borussia Dortmund. Namun akhirnya, Dortmund yang berhasil memenangkan perburuan sang pemain.

Die Borussen meminang Haaland dari Salzburg dengan banderol yang mencapai 20 juta euro (Rp 323 miliar) pada bursa transfer Januari 2020. Bersama Borussia Dortmund, dia menandatangani kontrak berdurasi empat setengah musim, atau sampai 30 Juni 2024.

Berseragam Dortmund, ketajaman Erling Haaland dalam membobol gawang lawan semakin meningkat. Dia berhasil mencetak 13 gol dan tiga assist dari 12 pertandingan yang sudah dijalani bersama Der BVB.

Teranyar, Erling Haaland menyumbangkan satu gol ketika Borussia Dortmund meraih kemenangan 4-0 atas Schalke 04 di Signal Iduna Park, pada laga pekan ke-26 Bundesliga Jerman, Sabtu (16/5/2020).

2 dari 3 halaman

Pemain yang Sulit untuk Diwawancarai

Penampilan gemilang tersebut membuat Erling Haaland menjadi sorotan media. Dia dianggap sebagai satu di antara calon penyerang terbaik di Eropa.

Sejumlah media pun coba melakukan wawancara dengan Haaland. Hasilnya, sang pemain hanya menjawab seadanya ketika ditanya oleh reporter. Seperti yang terjadi ketika diwawancarai wartawan dalam pengenalannya sebagai pemain anyar Die Borussen.

"Apa langkah selanjutnya yang ingin Anda lakukan secara pribadi untuk Borussia Dortmund?" tanya sang reporter. "Berlatih secara penuh dengan tim setiap hari," jawab Erling Haaland singkat.

"Apa yang Anda suka dari klub ini, gaya bermain, suporter, atau warna klub?" tanya jurnalis lainnya. "Ya, semua yang Anda katakan saya suka," kata pemain bernama lengkap Erling Braut Haaland tersebut.

Sikap Haaland tersebut menjadi pertanyaan sejumlah jurnalis di Jerman. Tak sedikit yang menganggap jika Erling Haaland adalah pemain yang sulit untuk diwawancarai.

"Apa isi pesan yang ingin Anda sampaikan?" tanya sorang reporter pada lokasi yang berbeda. Haaland pun menyajawab "Untuk penggemar saya."

3 dari 3 halaman

Erling Haaland Tak Nyaman dengan Sorotan Media

Akan tetapi, pandangan berbeda diutarakan oleh jurnalis sepak bola asal Norwegia, Lars Sivertsen. Sivertsen yang mengikuti perkembangan Haaland sejak masih di Norwegia menyebut sang pemain hanya merasa tak nyaman dengan sorotan media.

Menurutnya, Erling Haaland ingin fokus dengan menjalani karier sebagai pesepak bola. "Dia tidak nyaman bertemu dengan media, dia tidak nyaman dengan segala hal mengenai media. Dia hanya ingin bermain sepak bola dan membuktikan dirinya sendiri," ujar Lars Sivertsen.

"Orang-orang merasa dia pasti bisa diwawancarai, namun dia tidak menikmatinya. Dia pernah ditanya oleh media Norwegia, 'kenapa Anda seperti ini?', dan dia menjawab 'saya bosan dan ini bukan yang ingin saya lakukan'," lanjutnya.

Meski begitu, Lars Sivertsen menilai Haaland tetap lah pemain muda yang senang bercanda dan bersenang-senang. Namun, Erling Haaland memiliki caranya sendiri dalam bercanda.

"Ada saran dari salah satu mantan pelatihnya, jika Haaland adalah seseorang yang juga bisa bercanda dengan caranya sendiri. Seperti ketika seorang reporter menanyakan sesuatu, maka dia tak akan mengatakan apapun. Tentu saja, Haaland adalah seorang pemain yang bisa diajak untuk bercanda," tuturnya.

Sumber: BBC Sport

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Rizki Hidayat, published 19/5/2020)

 

 

Tontowi Ahmad Pensiun, Gantung Raket dari Bulu Tangkis