Sukses

Ikuti UEFA, CONMEBOL Juga Tunda Copa America Setahun

CONMEBOL terpaksa menunda turnamen tersebut karena krisis Corona belum menunjukkan perkembangan positif.

Jakarta - Bukan hanya Piala Eropa yang ditunda karena pandemi virus Corona. Copa America juga terkena imbas dan batal digelar tahun ini. Ajang tersebut rencananya digelar pada 2021.

CONMEBOL mengumumkan penundaan Copa America, Selasa (17/3/2020), tak lama setelah UEFA juga memastikan memundurkan jadwal Piala Eropa 2020. Piala Eropa juga ditunda setahun atau baru digelar pada 2021. 

Seperti dilansir AS, Copa America 2020 awalnya akan berlangsung pada 11 Juni hingga 11 Juli 2020. Argentina dan Kolombia sudah didapuk sebagai tuan rumah.

Namun, CONMEBOL terpaksa menunda turnamen tersebut karena krisis Corona belum menunjukkan perkembangan positif. CONMEBOL berharap situasi sudah kembali normal pada tahun depan. 

Alasan utama di balik penundaan Copa America adalah faktor pemain. Sebagian pemain andalan negara-negara Amerika Selatan bermain di Eropa. Para pesepakbola itu kini mayoritas dikarantina di rumah masing-masing di negara-negara Eropa dan tak bisa bepergian karena banyak perbatasan ditutup sebagai efek pandemi Corona. 

Selain itu, seluruh liga-liga domestik di Eropa dan Amerika Selatan telah dihentikan meski belum selesai. Salah satu solusi yang memungkinkan adalah merampungkan liga-liga tersebut pada Juni, Juli, atau Agustus. Itu pun dengan catatan Corona sudah terkendali. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadwal dan Venue Setelah Penundaan

Menurut AS, alasan lain yang tak kalah penting adalah keselamatan fans. CONMEBOL tak mau ambil risiko mengumpulkan puluhan ribu fans karena malah bisa memicu penyebaran virus corona.

Selain itu, WHO juga merekomendasikan supaya menghindari kerumuman. 

Jadwal turnamen Copa America 2021 secara prinsip hampir sama seperti tahun ini, yaitu 12 Juni hingga 12 Juli. Veue juga masih sama, yaitu La Plata, Mendoza, Córdoba, Santiago del Estero, dan Buenos Aires di Argentina; dan Medellín, Cali, Bogotá serta Barranquilla di Kolombia. 

 

Sumber: AS

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Yus Mei Sawitri/Editor: Yus Mei Sawitri, published 17/3/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.