Sukses

5 Cara Hidup Sehat Agar Tubuh Kuat Lawan Virus Corona

Kekebalan tubuh bisa dibentuk dengan gaya hidup sehat agar terhindar dari paparan virus corona.

Liputan6.com, Jakarta Virus corona covid-19 terus mewabah. Sejak WHO menetapkannya sebagai pandemi, penyebarannya semakin masif, termasuk ke Indonesia.

Pemerintah RI melalui Presiden Joko Widodo telah mengimbau agar masyarakat melakukan segala aktivitas dan menghindari keramaian. "Sekarang saatnya, bekerja dari rumah, belajar dari rumah, beribadah di rumah," ujar Jokowi.

Di luar itu, gaya hidup sehat  tentu perlu diterapkan untuk menangkap virus corona covid-19 ini. Menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) seperti rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menerapkan etika batuk yang benar jadi upaya terbaik menghindari papaaran Virus Corona jenis baru.

Selain menjaga kebersihan tubuh, imunitas tubuh yang baik juga dapat mengusir virus corona dari tubuh kita. Dr. dr. Sukamto, Sp.PD, K-AI, Direktur Pelayanan Kesehatan Sekunder dan Unggulan, Rumah Sakit Universitas Indonesia pun memberikan 5 cara mudah untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Apa saja aktivitas yang membuat kita lebih kuat hadapi virus corona? Berikut detailnya:

 

Saksikan Video Terkait Virus Corona di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Perbanyak makan sayur dan buah

Bagi yang kurang asupan makanan, disarankan untuk menambahkan konsumsi sayur dan buah. Sayur atau buah bisa apa saja, sesuai dengan selera.

Buah banyak mengandung vitamin, sedangan sayur banyak mengandung serat dan menieral yang dibutuhkan tubuh kita. Menurut penelitian orang yang lebih banyak makan buah lebih tidak mudah sakit.

3 dari 6 halaman

2. Cukup istirahat

Kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Sehingga semua manusia membutuhkan kualitas dan kuantitas tidur yang cukup.

Orang dewasa membutuhkan tidur selama 7-8 jam. Sedangkan remaja membutuhkan 9-10 jam tidur dalam sehari.

 

 .

4 dari 6 halaman

3. Hindari stres dan kelola stres

Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Stres biasanya dialami jika kita sedang banyak pikiran atau masalah.

Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh. Kondisi ini akan membuat kita mudah terserang penyakit, atau terjangkit virus.

5 dari 6 halaman

4. Rutin olahraga

Olahraga sangat berguna bagi tubuh kita. Tidak hanya sehat, dengan berolahraga, orang juga dipercaya akan merasa lebih bahagia.

Disarankan untuk rutin olahraga selama 30 menit setiap hari, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

6 dari 6 halaman

5. Hindari rokok dan alkohol

Paparan asap rokok dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Begitu juga dengan alkohol.

Perokok memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkhitis dan pneumonia, yang memang menjadi media yang diserang virus corona covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.