Sukses

Rapat Manajer, PT LIB Ubah Jadwal Pertandingan Liga 1 2020

Liga 1 2020 dimulai pada 29 Februari dan dijadwalkan berakhir 31 Oktober 2020.

Liputan6.com, Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengubah jadwal beberapa pertandingan dalam draft Liga 1 2020. Mereka coba mengakomodir permintaan peserta.

"Jauh sebelumnya konsep jadwal sudah kami berikan kepada klub. Lalu ada tanggapan balik tentang perbaikan dan penyesuaian jadwal tersebut. Kami sudah mengakomodasinya," kata Direktur Utama PT LIB Cucu Somantri usai memimpin rapat manajer peserta Liga 1 2020 di Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Menurut Cucu, permohonan untuk mengganti jadwal datang dari klub yang secara geografis berada di lokasi jauh. Tim-tim tersebut mengajukan perubahan karena beberapa alasan, misalnya demi efisiensi pengeluaran dan berkaitan dengan kearifan lokal.

Akan tetapi, PT LIB tidak semua memenuhi permintaan karena Liga 1 2020 dihadapkan dengan kegiatan akbar lain seperti pemilihan kepala daerah (pilkada), yang berlangsung di 270 daerah, dan agenda tim nasional.

"Ini kaitannya dengan jadwal timnas dan pilkada," kata Cucu, dilansir Antara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Permintaan Persiraja

Sekretaris Umum Persiraja Banda Aceh Rahmat Djailani mengakui timnya meminta pergantian jadwal beberapa laga kepada PT LIB. Kearifan lokal membuat Persiraja tidak bisa bermain pada Kamis malam atau malam Jumat.

Kemudian, agar pengeluaran semakin efisien, Persiraja mengajukan jadwal dua kali laga kandang berurutan (home-home) lalu berlanjut ke dua pertandingan tandang (away-away), ketika bertanding.

Akan tetapi, meski beberapa laga dapat diganti sesuai permintaan, PT LIB ternyata tidak bisa mewujudkan semua pertandingan Persiraja berlangsung dengan urutan home-home, away-away.

"Sebagai tim baru di Liga 1, kami belum puas dengan hal itu. Namun tadi PT LIB menyampaikan jadwal yang ditetapkan hari ini sudah maksimal dengan pertimbangan-pertimbangannya. Itu juga dialami oleh semua klub, bukan hanya kami," tutur Rahmat.

3 dari 3 halaman

Dimulai 29 Februari

Liga 1 2020 dimulai pada 29 Februari dan dijadwalkan berakhir 31 Oktober 2020. Ada 18 tim peserta termasuk tiga klub promosi yakni Persiraja, Persik Kediri, dan Persita Tangerang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.