Sukses

Kobe Bryant, Legenda NBA yang Jadi Inspirasi Banyak Anak Muda di Dunia

Liputan6.com, Los Angeles - Insan basket internasional berduka. Legenda NBA Kobe Bryant meninggal dunia pada Minggu (26/1/2020) waktu Amerika Serikat atau Senin (27/1/2020) dinihari WIB. Kobe wafat pada usia 41 tahun.

Mantan pemain Los Angeles Lakers itu tutup usia akibat kecelakaan helikopter. Kecelakaan maut ini merengut nyawa empat orang lainnya termasuk putri Kobe, Gianna Maria yang berusia 13 tahun. 

Helikopter yang ditumpangi Kobe Bryant ditengarai jatuh sekitar pukul 10.00 pagi waktu setempat, di dekat Las Virgenes Road, kawasan selatan Agoura Road. Saat itu Kobe hendak berangkat dari kediamannya di kawasan Orange County. 

Saat itu cuaca sedang berkabut. Kepolisian Los Angeles memastikan tidak ada yang selamat dalam kecelakaan helikopter tersebut. 

Kabar meninggalnya Kobe Bryant membuat banyak insan olahraga terutama bola basket terpukul. Kobe dianggap sebagai salah satu sosok yang berperan besar mempopulerkan bola basket dan NBA. 

2 dari 4 halaman

Kesedihan Mendalam

Selepas era Michael Jordan, Kobe Bryant-lah yang jadi idola dan menginspirasi anak-anak di seluruh dunia. Sosok Kobe Bryant membuat banyak anak-anak tertarik bermain bola basket. 

Banyak pebasket muda saat ini yang terinspirasi dari Kobe Bryant sehingga akhirnya bisa sukses menembus panggung NBA. 

"Pemain favorit saya saat tumbuh dewasa baru saja pergi untuk selamanya. Saya tidak percaya ini benar-benar terjadi. Rest in peace Kobe. Legenda hidup selamanya," kata pemain NBA asal Latvia, Kristaps Porzingis di Instagram.

"Hati hancur. Pahlawan saya. Idola saya. Alasan saya mulai memainkan permainan ini, alasan saya jatuh cinta dengan permainan ini. Tumbuh berkembang ingin menjadi seperti Anda, Anda menjadi seorang mentor, sangat berterima kasih atas semua yang telah Anda lakukan untuk saya," kata bintang muda Boston Celtics Jayson Tatum. 

3 dari 4 halaman

Berbagi Ilmu

Kobe Bryant sendiri pensiun dari NBA tahun 2016 lalu. Namun di saat musim reguler NBA libur, beberapa pemain sering melakukan latihan bersama dengan Kobe Bryant. Yang terbaru ada Tatum, Giannis Antetokounmpo, hingga Kemba Walker. 

Kobe Bryant tak sungkan berbagi ilmu kepada para juniornya. Dia juga kerap memberikan masukan kepada para pemain muda NBA agar sukses. 

 "Keluarga besar NBA sangat terpukul oleh kematian tragis Kobe Bryant dan putrinya, Gianna. Selama 20 musim, Kobe menunjukkan kepada kita apa yang mungkin terjadi ketika talenta luar biasa menyatu dengan pengabdian mutlak untuk menang. Dia adalah salah satu pemain paling luar biasa dalam sejarah permainan kami dengan prestasi yang legendaris: lima kejuaraan NBA, penghargaan NBA MVP, 18 pilihan NBA All-Star, dan dua medali emas Olimpiade," ujar Commissioner NBA Adam Silver. 

"Tapi dia akan dikenang karena menginspirasi orang di seluruh dunia untuk memilih bola basket dan bersaing dengan kemampuan terbaik mereka. Dia murah hati dengan kebijaksanaan yang diperolehnya dan melihatnya sebagai misinya untuk membagikannya dengan generasi pemain di masa depan, dengan senang hati memberikan kecintaannya pada permainan kepada Gianna," imbuh Silver. 

4 dari 4 halaman

Saksikan video menarik berikut ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Hasil NBA: Giannis Gemilang, Bucks Sikat Sixers
Artikel Selanjutnya
DBL All-Star Dapat Kesempatan Pakai Fasilitas Latihan Milik Mendiang Kobe Bryant