Sukses

Liverpool Sulit Ulangi Dominasi Manchester United Era Sir Alex Ferguson

Liverpool- Liverpool memang mendominasi Liga Inggris musim ini. Nama mereka pun kini mulai dibandingkan dengan dominasi Manchester United di era Sir Alex Ferguson.

Namun sang pelatih, Jurgen Klopp, tidak yakin dominasi itu bisa terulang.

Saat ini, Liverpool berstatus pemuncak klasemen sementara Premier League. Sadio Mane dkk. unggul 14 poin atas sang rival sekaligus juara bertahan, Manchester City, yang menduduki peringkat kedua.

Perjalanan Liverpool cukup mulus. Si Merah belum menelan kekalahan dan hanya merasakan satu hasil buruk, yakni imbang melawan Manchester United pada Oktober lalu.

Melihat performa sekarang, bukan tidak mungkin kalau Klopp dan pasukannyaa bisa mengulangi dominasi Manchester United di era kepelatihan Sir Alex Ferguson di pentas Premier League.

Pelatih legendaris asal Skotlandia itu mempersembahkan 13 gelar Premier League untuk Manchester United.

Saat ditanya perihal kemungkinan itu, Klopp menjawab dengan nada pesimistis. Baginya, torehan tersebut tidak bisa diulang baik olehnya maupun klub-klub Premier League lain di masa depan.

"Jujur saja, saya tidak yakin level dominasi mereka itu bisa dicapai lagi," jawab Klopp jelang laga melawan Manchester United dalam lanjutan Premier League, seperti yang dikutip dari Goal International.

"Lebih memungkinkan kalau klub akan bersaing untuk hal yang berbeda, karena adanya kekuatan finansial dari banyak tim," lanjutnya.

"Perubahan yang naik turun ini dari skuat yang kami lihat sekarang, artinya dominasi seperti Liverpool dan United yang pernah miliki sebelumnya, tidak memungkinkan terjadi lagi," tambahnya.

2 dari 2 halaman

Belum Tersentuh

Wajar perbandingan era Klopp dengan Ferguson ini muncul. Bagaimanapun juga,Liverpool benar-benar belum tersentuh musim ini. 

Di sisi lain, Klopp tidak terpengaruh dengan perbandingan tersebut, bahkan mengaku tidak tertarik. Pasalnya, ia merasakan pengalaman sama sewaktu masih menukangi Borussia Dortmund beberapa tahun lalu.

"Apa pun perbandingan yang dibuat, saya hanya akan berpikir soal apa yang akan terjadi setelah karier saya usai. Itu tidak memengaruhi saya sejauh ini, tak memengaruhi pemain," ucap manajer asal Jerman itu.

 

Sumber Asli: Goal International

Disadur dari:  Bola.net (Penulis/Editor: Yaumil Azis. Published: 18/1/2020)

Agnes Keleti, Atlet Peraih Medali Olimpiade Tertua
Loading