Sukses

Kaleidoskop 2019: 6 Pemain Internasional Paling Bersinar Tahun Ini

Berikut deretan enam pemain internasional yang mampu bersinar selama tahun 2019 yang dirangkum oleh redaksi Liputan6.com kanal bola.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2019 menjadi tahun yang tidak terlupakan bagi sejumlah pemain. Torehan prestasi bergengsi membuat mereka masuk dalam buku sejarah atau menjadi lebih dikenal.

Para pemain ini biasanya merupakan bagian penting dalam sebuah tim yang keluar sebagai juara. Tahun 2019 melahirkan para pemenang dan pencapaiannya layak untuk diapresiasi.

Bintang baru juga menghiasi belantika sepak bola dunia, dengan penampilan yang mengundang sanjungan. Namun, nama-nama lama masih mendominasi daftar enam pemain internasional terbaik sepanjang 2019 versi Liputan6.com.

Liverpool yang telah memborong trofi Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub, tentu para pemainnya pantas masuk daftar ini. Lalu, ada Manchester City, yang musim lalu merebut treble domestik dengan memenangkan Liga Inggris, Piala Liga, dan Piala FA.

Lionel Messi belum lama ini dinobatkan sebagai penerima penghargaan Ballon d'Or 2019. Melihat performa luar biasa penyerang Barcelona itu setiap musimnya, dengan berbagai pro dan kontra, La Pulga layak mendapatkannya.

Jangan lupakan pula pemain-pemain dari kompetisi seperti Bundesliga atau pemain yang mengesankan di kompetisi sekelas Liga Champions walaupun tidak memperkuat klub top Eropa. Berikut 6 pemain internasional paling bersinar 2019 versi Liputan6.com.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

6. Erling Braut Haaland (RB Salzburg)

Di kompetisi Austrian Bundesliga, Erling Braut Haaland jadi predator maut di lini serang RB Salzburg. Belum lama ini dia baru mengumumkan kepindahannya ke klub Bundesliga, Borussia Dortmund.

Usia Haaland baru 19 tahun, namun penampilannya di Liga Champions musim ini begitu mengesankan. Dia menjaringkan delapan gol dari enam pertandingan di penyisihan grup Liga Champions.

Pemain asal Norwegia ini mencetak 16 gol di Austrian Bundesliga. Dengan usia yang masih belia, tapi mampu mengejutkan di kompetisi sekelas Liga Champions, nama Haaland pantas masuk daftar ini.

 

3 dari 7 halaman

5. Robert Lewandowski (Bayern Munchen)

Musim lalu, Robert Lewandowski menjadi top skorer Bundesliga Jerman sekaligus mengantarkan Bayern Munchen menjadi juara. Pada Bundesliga 2018-2019, striker asal Polandia ini menyarangkan 22 gol.

Pada kompetisi musim ini, performa Lewandowski tidak kalah menggila. Kompetisi Bundesliga Jerman baru menyentuh 17 pertandingan, tapi pundi-pundi gol pemain berusia 31 tahun tersebut sudah mencapai 19 gol.

Bahkan, di penyisihan grup Liga Champions musim ini, Lewandowski mencetak empat gol dalam kemenangan 6-0 Bayern Munchen atas Crvena Zvezda. 2019 tentu menjadi tahun tak terlupakan bagi Lewandowski.

 

4 dari 7 halaman

4. Sadio Mane (Liverpool)

Penampilan gemilangnya musim lalu bersama Liverpool membawanya untuk bisa mengangkat trofi Liga Champions. Sadio Mane kerap mencetak gol-gol penting bagi klub asal Merseyside itu.

Sadio Mane bersama Mohamed, dan Pierre-Emerick Aubameyang merupakan top skorer Liga Inggris musim lalu dengan 22 gol. Bukan hanya gol, assist-nya juga banyak membantu tim besutan Jurgen Klopp ini.

Di Piala Super Eropa, dua golnya amat membantu Liverpool, sebelum laga berakhir dengan adu penalti. Teranyar, dia turut mengantarkan The Reds menjuarai Piala Dunia Antarklub 2019 di Qatar.

 

5 dari 7 halaman

3. Kevin De Bruyne (Manchester City)

Sulit untuk tidak memasukkan nama Kevin De Bruyne dalam daftar ini, terutama karena penampilan gemilangnya bersama Manchester City musim ini. De Bruyne tidak tergantikan di lini tengah The Citizens.

Di Liga Inggris musim ini, De Bruyne telah menyumbang tujuh gol dan 12 assist untuk Manchester City. Musim lalu, pemain internasional Belgia ini membawa pasukan Pep Guardiola merebut treble domestik dengan memenangkan Liga Inggris, Piala Liga, dan Piala FA.

De Bruyne merupakan sosok sentral bagi Manchester City selama Pep Guardiola mengambil alih kursi pelatih. Umpannya dikenal akurat dan pelayan yang baik untuk para penyerang.

 

6 dari 7 halaman

2. Lionel Messi (Barcelona)

Pencapaian Lionel Messi musim demi musim walaupun usianya sekarang telah menginjak 32 tahun tidak membuatnya menurun. Messi selalu mencetak banyak gol dan assist untuk Barcelona setiap tahun, termasuk 2019.

Musim lalu, Barcelona memang hanya memenangkan trofi La Liga Spanyol. Namun, Messi melalui gol-golnya mampu memesona di kompetisi lain, termasuk Liga Champions.

Aksi Messi di lapangan hijau masih ditunggu banyak orang. Ada yang salah apabila pemain sekaliber Messi tidak masuk daftar pemain paling bersinar di 2019, terutama setelah Ballon d'Or 2019 juga diberikan kepadanya.

 

7 dari 7 halaman

1. Virgil van Dijk (Liverpool)

Kedatangannya ke Liverpool langsung membuat barisan belakang tim asuhan Jurgen Klopp itu bak benteng tangguh. Virgil van Dijk menjelma jadi pemain tak tergantikan di area pertahanan The Reds.

Dia berada di peringkat kedua dalam penghargaan Ballon d'Or 2019, tepat di bawah Lionel Messi. Pada 2019, Van Dijk pernah mencatatkan rekor tidak bisa dilewati oleh pemain manapun selama musim 2018-2019.

Van Dijk turut membawa Liverpool juara Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub 2019. Dengan sederet fakta tersebut, sangat pantas pemain Timnas Belanda ini masuk daftar ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.