Sukses

Masyarakat Filipina Tak Peduli dengan SEA Games 2019

Atmosfer SEA Games 2019 tak terasa di Manila meski upacara pembukaan tinggal dua hari lagi dan cabang sepak bola sudah digelar sejak 25 November lalu.

Manila- Beberapa cabang olahraga SEA Games 2019 sudah mulai dipertandingkan pada Selasa (26/11/2019). Tapi, masyarakat Filipina yang jadi tuan rumah seperti tak peduli dengan event olahraga dua tahunan ini.

Hal itu sering dijumpai oleh Bola.com ketika melakukan percakapan ringan dengan masyarakat. Satu di antaranya adalah Asjeller Oria Batin, seorang sopir taksi online yang mengantarkan awak Bola.com menyusuri macetnya jalanan kota Manila.

"Anda di sini untuk meliput SEA Games? Memangnya kapan upacara pembukaannya?," kata Oria.

"Seperti yang Anda lihat. Minim sekali informasi seputar SEA Games di jalanan ini. Maklum, saya hanya fokus bekerja," ujarnya sembari tertawa.

Anehnya, tak hanya soal SEA Games 2019. Ternyata tak semua masyarakat Filipina mengenal lokasi Stadion Rizal Memorial. Menurut Oria, itu merupakan sesuatu yang wajar karena minimnya masyarakat Filipina yang menyukai sepak bola.

"Sepak bola bermain di Stadion Rizal Memorial? Itu di sebelah mana ya? Anda harus memaklumi karena mayoritas masyarakat di sini lebih menyukai basket daripada sepak bola," ungkap Oria yang mengaku memiliki banyak kenalan Indonesia.

Pernyataan Oria memang tak mengada-ada. Ketika Timnas Filipina bermain Stadion Rizal Memorial tak begitu penuh layaknya tim tuan rumah bermain di kandangnya.

SEA Games 2019 rencananya akan dibuka melalui upacara yang digelar di Philippine Arena, Bulacan (30/11/2019). Presiden Rodrigo Duterte dijadwalkan bakal hadir sekaligus membuka pesta olahraga antarnegara ASEAN edisi ke-30 itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kabar Langsung Bola.com dari Filipina

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.