Sukses

Timnas Basket 3x3 Putra Optimistis Gondol Medali Emas SEA Games 2019

Liputan6.com, Jakarta- Lewat seleksi ketat, Timnas bola basket 3x3 putra Indonesia telah memilih empat pemain yang akan berjuang di SEA Games 2019. Medali emas jadi incaran pada ajang yang digelar di Manila, Filipina pada 30 November hingga 11 Desember mendatang.

Keempat pebasket yang akan membela timnas Indonesia 3x3 putra adalah Surliyadin (Prawira Bandung) Rivaldo Pangestio (Satria Muda Pertamina), Sandy Ibrahim Azis (Satria Muda Pertamina) dan Oki Wira Sanjaya.

Pelatih kepala timnas 3x3 putra yang merupakan mantan pemain nasional Ali Budimansyah mengatakan bahwa pemilihan keempat pemain ini sesuai kebutuhan tim dalam menghadapi semua lawan di SEA Games 2019.

"Setelah menjalani pelatnas dan sejumlah pertandingan uji coba baik di dalam dan luar negeri akhirnya terpilih empat pemain untuk tanding di SEA Games Filipina. Pemilihan pemain ini berdasarkan kebutuhan tim guna menghadapi lawan nanti," ucap Ali Budimansyah di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Target merebut medali emas SEA Games 2019 juga semakin realistis menyusul timnas basket putra 3x3 Indonesia yang berada satu grup dengan Singapura, Thailand, dan Kamboja pada pesta olahraga dua tahunan itu. "Kami yakin bisa sampai final dan meraih emas," tambah Ali.

Keyakinan tinggi untuk meraih medali emas SEA Games 3019 juga dirasakan oleh manajer tim 3x3 putra Indonesia, Rama Datau. Melihat persiapan matang yang telah dilakukan, Rama percaya diri, basket 3x3 putra Indonesia bisa memberikan hasil yang maksimal.

"Anak-anak sekarang dalam kondisi baik dan siap untuk bertanding. Mudah-mudahan dengan materi latihan yang telah diberikan oleh pelatih selama ini, semoga kita bisa memberikan yang terbaik di SEA Games 2019 nanti," kata Rama.

 

 

2 dari 3 halaman

Perjuangan

Untuk tampil di pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara tersebut, timnas bola bsket 3x3 putra sudah menjalani pemusatan latihan nasional dan seleksi sejak bulan Agustus 2019. Demi mematangkan persiapan, timnas 3x3 putra sempat mengikuti sejumlah turnamen internasional seperti bertandinh di Maladewa dan Taiwan.

Selain uji tanding ke luar negeri, timnas basket putra 3x3 juga menggelar turnamen di Jakarta dengan mengundang timnas 3x3 Vietnam, Malaysia, Taiwan serta salah satu tim 3x3 profesional dari Filipina, Chooks to Go. Hasilnya dari turnamen itu, timnas 3x3 Indonesia berhasil menjadi peringkat kedua.

3 dari 3 halaman

Berpeluang

Peluang bola basket 3x3 putra untuk merebut medali emas terbilang cukup besar. Pasalnya, cabang olahraga ini baru pertama kali dipertandingkan di SEA Games. Selain itu timnas Indonesia telah melakukan persiapan yang matang. Bola basket 3x3 akan dipertandingkan pada 1-2 Desember di Filoil Arena, Manila.

Loading