Sukses

Kiprah Alfin Lestaluhu bersama Timnas Indonesia U-16

Liputan6.com, Jakarta - Sepak bola Indonesia berduka. Pemain muda berbakat yang juga andalan Timnas Indonesia U-16, Alfin Lestaluhu, meninggal dunia, Kamis (31/10) malam.

Berita duka ini pertama kali disampaikan oleh PSSI melalui akun media sosialnya. "Telah berpulang menghadap Sang Pencipta, Alfin Farhan Lestaluhu. Semoga amal ibadah dan segala kebaikan diterima Tuhan Yang Maha Esa," tulis PSSI di akun Instagramnya.

Sebelumnya, Alfin Lestaluhu mengeluh sakit kepala dan harus dibawa ke RS sejak 29 September 2019 lalu di Ambon. Itu terjadi setelah dia juga menjadi korban Gempa Ambon.

PSSI pun berinisiatif membawa Alfin ke Jakarta dan dirawat di RS Royal Progress. Sayangnya takdir berkata lain dan Alfin pun harus tutup usia tadi sekitar pukul 22.00 malam.

Berikut ini, kiprah Alfin Lestaluhu bersama Timnas U-16 sebelum meninggal dunia.

 

2 dari 5 halaman

Jebolan SKO Ragunan

Alfin Lestaluhu merupakan jebolan Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan. Dia lalu dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia U-16.

Pelatih Timnas Indonesia U-16 kepincut dengan penampilan pemain kelahiran tahun 2004. Tak perlu lama, Alfin langsung menjadi bagian penting dari tim asuhan Bima Sakti ini.

3 dari 5 halaman

Menjulang di Piala AFF U-16

Nama Alfin Lestaluhu menjulang saat ikut membela Timnas U-16 tampil di Piala AFF U-16 2018. Ketika itu, oleh pelatih Bima Sakti, dia selalu menjadi kepercayaan tampil di lapangan.

Alfin Lestaluhu selalu mengisi barisan pertahanan Timnas Indonesia U-16. Dia bermain di posisi bek sayap kanan.

Di ajang Piala AFF U-16 ini, Alfin Lestaluhu turut berperan membawa Indonesia menduduki posisi ketiga. Di laga play-off ketika itu, Indonesia mengalahkan Thailand lewat adu penalti.

 

4 dari 5 halaman

Kualifikasi Piala Asia U-16

Alfin Lestaluhu juga menjadi bagian penting saat Timnas U-16 tampil di kualifikasi Piala Asia U-16 2020. Di laga Grup G, Alfin sempat menyumbang satu gol saat Timnas U-16 menang 4-0 atas Filipina.

Indonesia sendiri akhirnya lolos ke putaran final Piala Asia U-16 yang akan digelar di Bahrain. Di laga terakhir, Timnas U-16 bermain imbang 0-0 lawan Tiongkok (22/9), di mana Alfin ikut tampil.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini