Sukses

9 Kejadian Konyol yang Mengganggu Pertandingan Sepak Bola

Jakarta Hal-hal konyol kerap terjadi di sepak bola. Tak hanya dilakukan pemain bola tapi juga penonton yang seharusnya tertib. Ada drama gol pada detik terakhir, gol dianulir, kartu merah kontroversial, maupun adu mulut antarpemain. 

Kejadian-kejadian di luar kendali juga sering terjadi di dunia sepak bola. Misalnya, lampu stadion mati. Peristiwa itu pasti membuat pihak penyelenggara pertandingan kalang kabut, serta penonton menjadi kesal karena laga terpaksa terhenti. 

Cuaca juga sulit dipisahkan dengan pertandingan sepak bola. Salah satu contohnya pada duel Bury melawan Southed United di 2015. Pertandingan dimulai pukul 15.00 waktu setempat, dan penggemar Southend harus menempuh perjalanan hingga enam jam untuk sampai ke Bury.

Ketika pertandingan akan dimulai, turun hujan lebat dan lapangan terendam air. Pertandingan akhirnya dibatalkan, nahas.

Apa lagi insiden-insiden konyol yang membuat permainan sepak bola dihentikan? Berikut 10 di antaranya, seperti dilansir the sportster

2 dari 10 halaman

1. Ayam Masuk Lapangan

Insiden itu terjadi saat Porto bertemu Benfica di Liga Primer Portugal pada 7 November 2010. Benfica kalah dengan skor telak 0-5.

Penggemar Benfica melepaskan ayam ke lapangan untuk menghentikan pertandingan, karena kesal tim kesayangan mereka jadi bulan-bulanan lawan. 

Taktik tersebut berhasil. Wasit menghentikan permainan sementara waktu, tapi tetap tak menyelamatkan Benfica dari kekalahan. 

 

 

3 dari 10 halaman

2. Drone

Pada Oktober 2016, pertandingan Kualifikasi Euro 2016 mempertemukan Serbia melawan Albania. Pertandingan berhenti pada menit ke-41. Ada benda yang tiba-tiba nongol dari atas, menuju ke lapangan. 

Sebuah drone yang membawa bendera Albania turun ke lapangan. Setelah kejadian itu, UEFA melakukan penyelidikan karena terkait provokasi politik yang melibatkan kedua negara.

4 dari 10 halaman

3. Kucing Hitam

Kucing hitam dianggap sebagai pertanda sial. Namun, di sepak bola, hewan tersebut pernah menyebabkan insiden menggelitik. 

Pada pertandingan Eredivisie 2013 yang mempertemukan Heracles dan FC Groningan, seekor kucing hitam masuk ke lapangan. Wasit terpaksa menghentikan pertandingan dan malah terjadi perlombaan menangkap kucing.

5 dari 10 halaman

4. Minta Selfie

Pertandingan Tottenham Hotspur melawan Partizan di White Hart Lane pada kompetisi Liga Europa, yang digelar pada 27 November 2014, terpaksa dihentikan selama 10 menit.

Pertandingan dihentikan karena ada tiga fan masuk lapangan.

Mereka masuk secara terpisah dengan mengenakan kaos "BassBuds". Mereka berlarian di sekitar lapangan sebelum meminta berfoto selfie dengan pemain Tottenham Hotspur.

6 dari 10 halaman

5. Titik Penalti Hilang

Insiden lucu terjadi saat Derby County dan Manchester City berduel di sebuah pertandingan pada 1977. Saat itu, kondisi lapangan tidak terawat seperti sekarang.

Ketika Derby mendapat hadiah penalti, para pemain kebingungan untuk menempatkan bola. Titik penaltinya lenyap karena catnya sudah hilang. 

Wasit akhirnya memanggil petugas untuk mengecat kembali titik penalti itu.

7 dari 10 halaman

6. Tendangan Bebas Fiasco

Pada Piala Dunia 1974 ada insiden unik saat Brasil menghadapi Zaire (sekarang DR Kongo). Tingkah pemain Zaire benar-benar membuat para penonton kebingungan dan tergelak. Insiden itu bermula ketika Timnas Brasil mendapatkan hadiah tendangan bebas dari jarak 16,4 meter.

Saat seorang pemain Brasil hendak menendang, keriuhan pun muncul. Pemain Zaire, Zwiria Mwepu Ilungan, ternyata tidak mengetahui aturan sepak bola. Setelah wasit meniup peluit, dia malah berlari dari pagar betis dan menendang bola ke atas. 

 

8 dari 10 halaman

7. Anjing Masuk Lapangan

Insiden tersebut terjadi pada Piala Dunia 1962 di Chile. Saat itu, Timnas Inggris berjibaku melawan Brasil.

Saat terjadi adu skill antara Pele dan Garricha, seekor anjing turun ke lapangan dan mengejar bola. Kedua tim akhirnya malah membuat strategi untuk menangkap anjing tersebut.

 

9 dari 10 halaman

8. Kabut

Pertandingan antara Bodmin Town dan St Austell pada South West Peninsula League 2015 terpaksa dihentikan  karena kabut turun begitu tebal. Jarak pandang pemain menjadi sangat pendek.

Penonton yang datang kecewa berat karena pertandingan itu disetop saat baru berjalan selama 58 detik.  

10 dari 10 halaman

9. Musang

Pertandingan antara FC Thun dan Zurich pada Liga Swiss 2015 terhenti karena seekor musang masuk lapangan. Hewan tersebut masuk dan berlarian di lapangan.

Sang musang cukup lincah melewati adangan para pemain yang ingin menangkapnya. Ia hampir dihentikan oleh pemain Zurich. Namun, sang musang berhasil lolos setelah menggigit pemain tersebut. Akhirnya, musang itu berhasil ditangkap kiper Zurich.

Disadur dari Bola.com (Hanif Sri Yulianto/ Yus Mei Sawitri, published 9/10/2019)

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Ukir Rekor Dunia, Ini 5 Fakta Menarik Atlet Panjat Dinding Cantik Indonesia Aries Susanti
Artikel Selanjutnya
Manchester United vs Liverpool: Solskjaer Dapat Dukungan Spesial Raja Norwegia