Sukses

Rebut Podium, Dovizioso Diuntungkan Insiden Tabrakan Morbidelli dan Rins

Andrea Dovizioso berhasil merebut posisi dua di belakang Marc Marquez pada MotoGP Aragon yang berlangsung di sirkuit Aragon akhir pekan lalu.

Liputan6.com, Aragon- Keberhasilan pembalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso untuk merebut podium di MotoGP Aragon, Spanyol, Minggu (22/9/2019) tak luput berkat insiden senggolan antara Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT). Tanpa insiden ini, Dovizioso mungkin sulit rebut podium kedua.

Start ke-10, Dovizioso berada di posisi 11 di tikungan pertama, namun segera naik dua posisi usai Rins menyenggol Morbidelli sampai terjatuh, sementara Joan Mir (Suzuki Ecstar) ikut melebar. Ia pun naik ke posisi 7 setelah menyalip Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) pada lap pertama.

Dovizioso pun terus memperbaiki posisi dengan menyalip Valentino Rossi, Aleix Espargaro, dan Fabio Quartararo. Pada Lap 15, ia pun menyalip Jack Miller, dan Maverick Vinales pada Lap 21. Ia pun finis kedua dengan margin 4,8 detik di belakang Marc Marquez, dan unggul 0,6 detik atas Miller.

"Usai start yang baik, saya terhalang, jadi tak bisa naik posisi. Lalu Alex dan Franco melakukan kesalahan, dan membuka pintu bagi saya. Sejak itu, saya mengendalikan balapan dengan sempurna. Saya tak ngotot, tak terlalu banyak memakai ban belakang, dan ini membuat saya konsisten sampai lap terakhir, sementara para rival mengalami drop. Jadi saya senang," ujarnya.

Menurut rider Italia berusia 33 tahun ini, podium kali ini terasa berharga, usai ia terjatuh dan gagal finis pada lap pertama di Silverstone, Inggris, dan hanya mampu finis keenam di Misano, San Marino. Di lain sisi, ia juga mengaku sudah tak lagi ambisius mengejar gelar, karena sudah tertinggal 98 poin dari Marquez.

"Di MotoGP, naik posisi sangatlah sulit, jadi saya cukup senang, apalagi kembali naik podium adalah hasil penting bagi kami usai dua seri terakhir. Kami berpeluang menang di Silverstone, tapi saya tak bisa, dan balapan di Misano sangat sulit. Saya senang, meski margin dengan Marc di klasemen semakin buruk," kata Dovizioso.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlebar Margin dari Alex Rins

Meski sudah sulit merebut gelar dunia, Dovizioso berhasil menambah keunggulan atas Rins di klasemen pebalap. Dengan 202 poin, juara dunia GP125 2004 ini unggul 46 poin atas rider Spanyol tersebut.

"Saya tak memeriksa ritme balap, tapi saya rasa Alex sangat cepat, dan saya sempat mengira Alex bakal sangat kuat dalam balapan ini. Saya rasa ia akan mencoba sampai akhir di Valencia, jadi kami harus tetap fokus dan terus naik podium," pungkas Dovizioso.

Dovizioso dan para pebalap lainnya akan menjalani rehat selama sepekan, sebelum terbang ke Sirkuit Buriram untuk menjalani MotoGP Thailand pada 4-6 Oktober mendatang.

Sumber: MotoGP

Disadur dari Bola.net (Anindhya Danartikhaya, published 23/9/2019)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini