Sukses

Prediksi UEFA Nations League Belanda vs Inggris: Misi Akhiri Puasa Gelar

Jakarta Laga Belanda vs Inggris akan digelar di Estadio Dom Afonso Henriques, Portugal, Jumat (7/6/2019) dini hari WIB. Dua raksasa Eropa yang puasa panjang gelar juara itu berhasrat besar bisa lolos ke final ajang UEFA Nations League.

Seperti yang sudah diketahui, UEFA Nations League merupakan turnamen baru yang digagas UEFA.

Turnamen ini bertujuan sebagai salah satu saringan untuk turnamen Euro yang akan digelar pada tahun 2020 mendatang, di mana pemenang turnamen ini mendapatkan satu tiket cuma-cuma ke turnamen Final Euro 2020 mendatang, tanpa perlu mengikuti babak kualifikasi.

Dari empat grup yang berlaga di League A UEFA Nations League, didapatkan empat pemenang.

Empat pemenang dari masing-masing grup akan diadu di babak semifinal, di mana Pemenang Grup 1, Belanda akan dipertemukan melawan Inggris yang merupakan pemenang Grup 4 dari League A.

Pertemuan ini merupakan kali pertama kedua negara ini bertemu dalam ajang kompetitif.

Terakhir kali mereka bermain di kompetisi formal yaitu terjadi 23 tahun yang lalu pada ajang Euro 96. Pada saat itu Inggris mengalahkan Belanda di Fase Grup A dengan skor 4-1.

Semenjak partai itu, kedua tim ini hanya bertemu di delapan partai persahabatan saja. Dari delapan laga itu, Belanda memenangkan tiga laga di antaranya, sementara Inggris hanya memenangkan satu laga, sementara empat laga sisanya berakhir dengan hasil imbang.

Kondisi kedua tim jelang partai semifinal ini cukup berbeda drastis. Timnas Inggris berhasil memenangkan lima pertandingan terakhir mereka, sementara Belanda hanya meraih dua kemenangan dari Lima pertandingan terakhir mereka, di mana terakhir kali mereka tumbang dengan skor 2-3.

2 dari 3 halaman

Tim Muda

Untuk komposisi pemain kedua tim, baik Ronald Koeman dan Gareth Southgate menggunakan pemain-pemain terbaik di negara mereka. Beberapa pemain kunci yang absen dari skuat Inggris ada nama Luke Shaw, James Maddison, dan Callum Hudson-Odoi yang tidak dipanggil Southgate kali ini.

Sementara di kubu Belanda, Ronald Koeman hanya tidak membawa Daryl Janmaat dan Justin Kluivert pada partai semifinal kali ini.

Koeman pada laga ini diprediksi akan kembali menurunkan skema 4-3-3, di mana Memphis Depay akan diplot sebagai penyerang tengah diapit oleh Steven Bergwijn dan Ryan Babel di sayap.

Dua gelandang Ajax Amsterdam, Donny van de Beek dan Frenkie De Jong diprediksi akan menjadi pengatur serangan Die Oranje. Sementara di lini pertahanan, Koeman kemungkinan berjudi dengan memainkan Virgil van Dijk sebagai tandem Matthijs De Ligt, di mana sang bek baru saja tampil di Final Liga Champions kurang dari satu minggu yang lalu.

Sementara Timnas Inggris, Gareth Southgate diperkirakan akan memainkan tim muda mereka untuk mengahadapi Belanda. Marcus Rashford diprediksi akan diplot sebaagai ujung tombak The Three Lions yang diapit oleh Jadon Sancho dan Raheem Sterling di sisi sayap.

Di lini tengah, Southagate kemungkinan tidak akan memainkan Jordan Henderson yang baru kembali dari Final Liga Champions.

Sebagai gantinya Declan Rice akan menemani Ross Barkley dan Eric Dier di pos lini tengah. Sementara untuk pos lini pertahanan, Harry Maguire dan John Stones akan diplot untuk menjadi pengawal Jordan Pickford selaku palang pintu terakhir The Three Lions.

3 dari 3 halaman

Komposisi Pemain dan Statistik

Timnas Belanda: Cillessen; Dumfries, Van Dijk, De Ligt, Blind, De Jong, Wijnaldum, Van de Beek, Depay, Promes, Bergwijn

Pelatih: Ronaldo Koeman

Timnas Inggris: Pickford, Walker, Stones, Maguire, Chilwell, Rice, Barkley, Lingard, Sanco, Sterling, Rashford

Pelatih: Gareth Southgate

 

Rekor 5 Pertemuan Terakhir:

24/03/2018: Belanda 0-1 Inggris (FIFA Matchday)

30/03/2016: Inggris 1-2 Belanda (FIFA Matchday)

01/03/2012: Inggris 2-3 Belanda (FIFA Matchday)

13/08/2009: Belanda 2-2 Inggris (FIFA Matchday)

16/11/2006: Belanda 1-1 Inggris (FIFA Matchday)

Sumber: Bola.net

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Demi Barcelona, Ronald Koeman Diizinkan Tinggalkan Timnas Belanda Lebih Cepat
Artikel Selanjutnya
Pindah ke Juventus, De Ligt Jadi Kurang Percaya Diri