Sukses

Banyak Sumber Gol, Alasan Timnas Vietnam Layak Juara Piala AFF 2018

Jakarta - Timnas Vietnam di ambang juara Piala AFF 2018. Mereka berpeluang besar meraih gelar setelah mengimbangi Malaysia 2-2 pada laga pertama final di Stadion Nasional Bukit Jalil, Selasa (11/12/2018).

Dengan hasil itu, Timnas Vietnam hanya butuh kemenangan 1-0 pada leg kedua final, Sabtu (15/12/2018), untuk memastikan raihan titel kedua mereka sepanjang keikutsertaan di Piala AFF.

Hal itu diyakini butuh perjuangan, namun bermain di kandang, di depan puluhan ribu suporter di Stadion My Dinh, bakal jadi keuntungan buat the Golden Stars. Selama tampil di Piala AFF 2018, Vietnam belum pernah kalah jika main di markas sendiri. 

Selain faktor nonteknis itu, secara teknis atau statistik di lapangan menunjukkan pemain Vietnam cukup rajin mencetak gol. Vietnam tak menggantungkan pada satu-dua pemain di lini depan saja untuk urusan menjebol gawang lawan.

Data memperlihatkan, sejak penyisihan Grup A hingga final leg pertama, Vietnam menempatkan tujuh pemain di daftar pencetak gol Piala AFF 2018. Jumlah itu paling banyak di antara kontestan lain.

Tujuh pemain itu, yakni Anh Duc (tiga gol), Nguyen Cong Phuong (3), Nguyen Quang Hai (3), Phan Van Duc (2), Nguyen Tien Linh (1), Nguyen Huy Hung (1), dan Phạm Duc Huy (1).

Ketujuh pemain tercatat bermain di sektor penyerangan, mulai gelandang, gelandang serang, pemain sayap, hingga striker.

Di belakang Vietnam, ada Myanmar dan Filipina, yang masing-masing menempatkan enam pemain dalam daftar.

Gol-gol Myanmar, yang sudah tersingkir di penyisihan Grup A, datang dari Sithu Aung, Than Htet Aung, Hlaing Bo Bo (masing-masing 2 gol), plus Aung Thu, Htet Phyoe Wai, dan Maung Maung Lwin.

Sedangkan dari Filipina, ada Patrick Reichelt (dua gol), Phil Younghusband, Steuble, De Murga, Bedic, dan James Younghusband.

Selain punya pemain di sektor penyerangan yang paling rajin mencetak gol, Vietnam juga punya kans jadi tim peserta Piala AFF 2018 dengan torehan gol memasukkan terbanyak. Untuk sementara, status kontestan paling subur dipegang Thailand dengan 16 gol.

Namun, Timnas Vietnam berpeluang menyalip torehan itu karena saat ini mengoleksi 14 gol serta masih punya satu pertandingan lagi, yakni final leg kedua. Sementara Thailand sudah tersingkir di semifinal.

 

Sumber: Bola.com

Kalahkan AC Milan, Inter Milan Naik Posisi Klasemen
Loading
Artikel Selanjutnya
FAT Desak Pelatih Timnas Thailand Penuhi Target di Piala Asia 2019
Artikel Selanjutnya
Malaysia Belum Menyerah soal Kans di Leg Kedua Final Piala AFF 2018