Sukses

Persib Ajukan Syarat Ini untuk Pelatih Baru Pengganti Mario Gomez

Liputan6.com, Bandung Persib Bandung mulai mencari sosok anyar untuk mengisi kursi pelatih musim depan. Ini setelah diputusnya kontrak kerja sama dengan Mario Gomez.

Direktur PT. Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono mengatakan, saat ini ada beberapa nama pelatih yang melamar. Namun, ia mengungkapkan bahwa sosok baru pelatih Persib nanti juga diharapkan yang bisa mengangkat para pemain muda binaan.

"Kita kan konsep pembinaan sudah mulai jalan, sudah mulai terbukti (dengan membawa juara). Kita inginnya anak-anak ini menjadi kerangka di 4-5 tahun lagi," kata Teddy di Bandung, Rabu (12/12/2018).

Menurutnya, para pemain muda tersebut bukan mustahil mengisi skuat senior. Ia mengibaratkan, bibit-bibit muda yang ada saat ini seperti yang telah dilakukan klub Liga Inggris, Manchester United di mana mereka memiliki generasi emas pada 1992.

Saat itu, Manchester United merupakan klub yang terkenal akan kepopuleran mereka dengan mengorbitkan sejumlah pemain hebat dari akademi sepakbola mereka sendiri. Para pemain yang dijuluki 'Class of '92' itu merujuk pada sekumpulan pemain muda berbakat spesial lulusan akademi Red Devils, yang sempat meraih gelar juara FA Youth Cup di saat usia rata-rata mereka masih menginjak 18 tahun.

"Kalau di MU ada 'class of 92'. Jadi, sama kita juga ingin seperti itu," ucapnya.

Sehingga, lanjut Teddy, kriteria pelatih baru Persib Bandung yang diharapkan musim depan salah satunya bisa menangani pemain muda.

"Iya, tentu. Jadi makanya kenapa kita saat mewawancara pelatih bahwa kita juga ingin mengedepankan ini (pemain binaan). Kecuali memang ada kekurangan apa, kita cari kekurangannya," katanya.

2 dari 2 halaman

Sudah Terlihat

Indikator pembibitan pemain muda itu sebenarnya sudah terlihat dari keseriusan Persib mendirikan Akademi Persib beberapa tahun lalu. Hasilnya, tim U-16 berhasil menjadi kampiun Elite Pro Academy Liga 1 U-16 dan tim U-19 menjadi kampiun Liga 1 U-19. Kedua gelar tersebut didapat berbarengan tahun ini.

Teddy bahkan mengakui para pemain muda Persib tersebut sudah ada yang dibidik untuk memperkuat tim senior.

"Untuk orang yang kita lihat punya potensi misalnya Beckham Putra sama M. Syafril Lestaluhu. Kan kita sudah tahu kira-kira siapa buat ke depan yang kita mau itu langsung sudah kita kontrak ke senior buat jangka panjang," ujarnya.

SILATURAHOME PONARYO