Sukses

Tanpa Timnas Indonesia, Berikut Semifinalis Piala AFF 2018

Langkah Timnas Indonesia terhenti di fase grup Piala AFF 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia dipastikan tidak lolos ke semifinal Piala AFF 2018. Bahkan, kepastian tersebut sudah didapat sebelum skuat Garuda menghadapi Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (25/11/2018).

Tersingkirnya Timnas Indonesia dari Piala AFF 2018 setelah Filipina bermain imbang 1-1 melawan Thailand di Panaad Stadium, Rabu (21/11/2018) lalu. Hasil itu membuat skuat racikan Bima Sakti ini tak mungkin lagi mengejar perolehan poin Filipina dan Thailand, yakni 7 poin.

Timnas Indonesia akhirnya finis di peringkat empat klasemen akhir Grup B Piala AFF dengan 4 poin hasil empat laga. Pada laga terakhir melawan Filipina, Hansamu Yama dan kawan-kawan hanya mampu bermain imbang 0-0.

Dua tim yang lolos ke semifinal dari Grup B adalah Thailand dan Filipina. Thailand lolos sebagai juara grup dengan 10 poin dari empat pertandingan. Sedangkan Filipina menjadi runner up dengan 8 poin.

Tak hanya itu, Thailand juga menjadi tim yang paling produktif mencetak gol di fase grup Piala AFF 2018. Mereka mencetak 15 gol dan hanya kemasukan tiga gol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Grup A

Di Grup A, Vietnam tampil sebagai pemuncak klasemen dengan 10 poin dari empat laga. Dari keempat laga tersebut, Vietnam mencetak delapan gol dan tidak pernah kemasukan.

Mewakili Vietnam lolos ke semifinal adalah Malaysia. Secara dramatis Malaysia merebut tiket keempat besar usai mengalahkan Myanmar pada laga pamungkas.

Malaysia menang dengan skor 3-0 atas Myanmar. Hasil itu membuat tim berjuluk Harimau Malaya menyalip Myanmar di posisi kedua klasemen akhir Grup A. Malaysia mengantongi sembilan poin, dua angka di atas Myanmar yang finis sebagai runner up.

Di semifinal, Thailand akan melawan Malaysia, sementara Vietnam bertemu Vietnam. Laga ini bakal berlangsung tandang dan kandang. Leg pertama berlangsung 1 dan 2 Desember 2018. Sedangkan leg kedua digelar 5 dan 6 Desember.

3 dari 3 halaman

Jadwal Semifinal

1 Desember 2018:

Malaysia Vs Thailand

2 Desember 2018:

Filipina Vs Vietnam

5 Desember 2018:

Thailand Vs Malaysia

6 Desember 2018:

Vietnam Vs Filipina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.