Sukses

AFC U19 Championship 2018: Berebut Pendamping Jepang dari Grup B

Timnas Indonesia U-19 sudah dipastikan bertemu Jepang di babak perempat final AFC U19 Championship 2018.

Liputan6.com, Jakarta Meski masih menyisakan satu pertandingan lagi di Grup B, Jepang telah memastikan tempat di fase gugur AFC U-19 Championship 2018. Pada laga terakhir, Jepang akan berhadapan dengan Irak di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat (25/10/2018), kick off pukul 16.00 WIB. 

Jepang berhak ke babak perempat final setelah mengemas dua kemenangan beruntun di Grup B. Di laga pertama, Samurai Biru muda menang 5-2 atas Korea Utara. Sementara pada pertandingan kedua, timnas Jepang U-19 berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 3-1. 

Di posisi kedua bercokol Korea Utara dengan 3 poin hasil menang 1-0 atas Irak. Sedangkan posisi ketiga dan keempat dihuni Irak dan Thailand. Kedua tim sama-sama mengoleksi 1 poin. Thailand harus berada di urutan terbawah setelah kalah agregat gol dari Irak. 

Kondisi ini membuat jalan Jepang melaju tanpa hambatan ke 8 besar. Seandainya kalah di laga terakhir melawan Irak, Samurai Biru muda juga tidak akan tergusur dari puncak klasemen Grup B karena menang head to head atas Korea Utara---satu-satunya tim yang berpotensi mengimbangi perolehan poin timnas Jepang U-19 bila kalah di laga terakhir.

 Di babak perempat final, Jepang akan bertemu Timnas Indonesia U-19. Pasukan Indra Sjafri lolos ke fase gugur sebagai runner up grup A usai menang 1-0 atas UEA, Kamis (25/10).

"Pertama-tama saya ingin mengatakan kalau saya bangga kepada para pemain saya. Lolos ke perempat final sebagai juara grup memang spesial," kata Pelatih Jepang, Masanaga Kageyama usai mengalahkan Thailand seperti dilansir situs resmi AFC, 23 Oktober lalu. 

Meski menjadi tim pertama yang memastikan tempat di babak 8 besar, Jepang tidak merasa besar kepala. Sebaliknya, Kageyama melihat masih ada kekurangan dari pasukannya. Dan tujuan utama Jepang mengikuti AFC U-19 Championship 2018 adalah memperbaiki hal itu. 

"Menyenangkan bisa meraih kemenangan lain, tapi kami merasa sama sekali belum sempurna. Masih banyak yang perlu kami lakukan untuk mencapai itu," katanya.

"Saya merasa semakin lama kami berada pada turnamen ini, semakin mudah bagi kami untuk berkembang sesuai yang kami inginkan. Saya tidak mengatakan hasil itu tidak penting, tapi yang sangat penting adalah bagaimana kami tumbuh menjadi satu, bagaimana kami berkembang sebagai sebuah tim," ujar Kageyama menambahkan. 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berebut Posisi Runner Up

Satu slot tersisa di Grup B, bakal diperebutkan oleh tiga tim, yakni Korea Utara, Thailand, dan Irak. Namun dari ketiga negara ini, Korea Utara yang punya peluang terbesar. Korut hanya perlu menang di laga terakhir untuk mendampingi Jepang ke babak perempat final. 

Pada laga terakhir Korea Utara akan berhadapan dengan Thailand di Stadion Patriot, Bekasi, malam ini, kick off pukul 16.00. "Kami datang ke kompetisi ini untuk finis di urutan keempat," kata pelatih Korea Utara, Ri Chol, seperti dilansir dari situs AFC.

"Jika kami bisa melakukan itu, kami akan melaju ke Piala Dunia U-20, tahun depan. Kami harus mengalahkan Thailand untuk mendekati target itu dan setidaknya bisa mencapai babak perempat final," ujar Ri Chol menambahkan. 

Ri Chol menilai Thailand bukanlah lawan yang mudah. Bahkan menurutnya, Gajah Putih merupakan salah satu tim terkuat yang tampil pada AFC U-19 Championship 2018. Meski demikian, Ri Chol juga melihat kekuatan pasukannya masih bisa berkembang.Ri Chol berkaca kepada pertandingan melawan Irak yang berhasil dimenangkan Korut 1-0.  

"Melawan Irak, saya yakin kami bisa melakukan yang lebih baik di sepertiga akhir (pertandingan, karena para pemain saya kehilangan beberapa peluang saat mengurangi tekanan yang kami hadapi," ujar Ri Chol. "Namun kami akan mengejarkan hal-hal ini dan melakukan yang terbaik untuk berkembang ke depannya," kata Ri Chol. 

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Grup B

16.00: Jepang Vs Irak : Stadion Pakansari, Bogor

16.00: Korea Utara Vs Thailand: Stadion Patriot, Bekasi

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.