Sukses

MotoGP: Marquez Berniat Kunci Gelar Juara Dunia di Markas Honda

Liputan6.com, Jakarta Rider Repsol Honda Team, Marc Marquez sudah siap menghadapi seri ke-16 MotoGP di Twin Ring Motegi Jepang, akhir pekan ini. Dia pun sudah menyiapkan skenario untuk mengunci gelar juara dunia MotoGP 2018.

Di sirkuit yang menjadi markas Honda ini, Marc Marquez bisa saja menobatkan diri sebagai juara dunia MotoGP 2018. Saat ini, pembalap berusia 25 tahun itu sudah mengumpulkan 271 poin.

Kemenangan di Sirkuit Buriram, Thailand, dua pekan lalu, membuat Marquez unggul 77 poin dari saingan terdekatnya di klasemen MotoGP, Dovizioso. Itu artinya, Marquez bisa saja menjadi juara dunia di Jepang, akhir pekan ini.

Marquez bisa menjadi juara bila bisa menjaga selisih 75 poin dengan Dovizioso. Ini memperhitungkan tiga seri tersisa setelah MotoGP Motegi. Bila demikian, Doviziso bila memenangkan tiga seri tersisa tak bakal mampu mengejar poin Marquez.

"Kami memiliki match ball pertama kami pada balapan Honda, ini sangat penting bagi pabrikan kami," ujar Marquez, menanggapi soal peluang juara MotoGP di Motegi, dikutip dari Motor Sport.

2 dari 3 halaman

Stop and Go

Saat balapan di Motegi, Marquez akan memanfaatkan tiga tikungan stop and go untuk menjauh dari kejaran pembalap lain. Akselerasi Honda menjadi hal penting bagi Marquez untuk mengunci gelar juara dunia.

"Tentu kami akan coba mendapatkan hasil terbaik di hadapan publik Honda, dan penggemar tuan rumah. Namun, Motegi adalah trek stop-and-go di mana akselerasi kuat adalah faktor penting."

"Kami akan coba untuk bekerja keras dan coba memperbaiki area itu jika ingin bertarung dengan Ducati. Jika tidak, kami akan coba tetap fokus, tenang, dan coba menangani situasi ini sebaik mungkin. Hal pentingnya adalah untuk akhirnya menggapai tujuan kami pada suatu titik," ujar Marquez menegaskan.

 

3 dari 3 halaman

Skenario Marquez

Berikut skenario Marquez jadi juara dunia MotoGP di Motegi:

Marquez finis pertama, otomatis juara dunia

Marquez finis kedua, Dovizioso tidak menang

Marquez finis ketiga, Dovizioso finis keempat atau lebih buruk

Marquez finis keempat, Dovizioso finis kelima atau lebih buruk

Marquez finis kelima, Dovizioso finis keempat atau lebih buruk

Marquez finis keenam, Dovizioso finis kelima atau lebih buruk

Marquez finis ketujuh, Dovizioso finis kelima atau lebih buruk

Marquez finis kedelapan, Dovizioso finis keenam atau lebih buruk

Dan seterusnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
MotoGP Jepang Hanya Formalitas bagi Marquez?
Artikel Selanjutnya
MotoGP: Rossi Khawatirkan Nasib Jorge Lorenzo