Sukses

Tahan Timnas Indonesia U-16, India Jauh Lebih Percaya Diri

Hasil imbang melawan Timnas Indonesia U-16 membawa India ke perempat final.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Timnas India U-16 tak kecewa meski hanya bermain imbang tanpa gol melawan Timnas Indonesia U-16. Pasalnya, hasil itu sudah cukup membawa mereka melaju ke perempat final Piala AFC U-16 2018.

Bertanding di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Kamis (27/9/2018), India mampu merepotkan Timnas Indonesia U-16. Meski kalah dalam penguasaan bola, anak asuh Bibiano Fernandes itu berulang kali membahayakan gawang Timnas U-16 lewat skema serangan balik.

Pada akhirnya, India dan Timnas Indonesia U-16 pun mengakhiri laga dengan skor 0-0. Tambahan satu poin membawa India memastikan diri untuk tampil di perempat final Piala AFC U-16 sebagai runner-up Grup C. Mereka sama-sama mengoleksi lima poin dengan Timnas Indonesia U-16.

"Ini adalah momen spesial untuk semua orang. Terima kasih kepada semua staf saya, pelatih akademi yang mengajari anak-anak ini di usia muda, dan para pemain saya atas kerja kerasnya hari demi hari," ujar Fernandes, dikutip situs AFC.

Bagi India, ini adalah momen bersejarah. Itu karena ini adalah kali pertama India melesat ke perempat final sejak terakhir kali pada edisi 2002. Hasil melawan Indonesia juga mempertahankan catatan apik pertahanan mereka. Dari tiga laga, tak satupun gol yang bersarang ke gawang mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Gentar

Namun, lawan yang akan dihadapi nanti di perempat final dipastikan sulit. Calon runner-up Grup D yang akan lawan mereka adalah Korea Selatan, Australia, dan Irak. Ketiga tim itu bermain Jumat (28/9/2018) sore ini.

Fernandes juga menceritakan kondisi timnya saat melawan Timnas U-16. Saat itu, India memang terancam tidak lolos jika kalah dari Timnas U-16 dan Iran menang atas Vietnam. Di luar dugaan, Vietnam mampu menghajar Vietnam lima gol tanpa balas.

"Saya sempat mendapat berita bahwa Iran unggul 3-0 di babak pertama. Saya tidak memberitahu anak-anak soal itu karena itu bisa membuat mereka tertekan. Kami hanya harus lebih keluar di babak kedua dan bertarung sampai menit ke-90," ungkap Fernandes.

"Tiga hari lagi. Kami akan memikirkannya. Saya telah melihat Korea dan Australia bermain, tapi kami akan melihat ke Korea. Mereka adalah tim yang sangat kuat dan tim yang bisa memenangkan Piala AFC U-16 tahun ini," ia menambahkan.

3 dari 3 halaman

Klasemen Grup C Piala AFC U-16

Nomor/Tim/Main/Menang/Imbang/Kalah/Selisih gol/Poin

1. Indonesia: 3 / 1 / 2 / 0 / +2 / 5

2. India: 3 / 1 / 2 / 0 / +1 / 5

3. Iran: 3 / 1 / 1 / 1 / +3 / 4

4. Vietnam: 3 / 0 / 1 / 2 / -6 / 1

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.