Sukses

Pesan Cinta dari Rekor Dunia Penyelaman Massal Wanita

Ada cerita unik dari rekor dunia penyelaman massal wanita

Liputan6.com, Manado - Wanita-wanita penyelam Indonesia pantas berbangga. Wanita Selam Indonesia (Wasi) bersama ratusan penyelam wanita dari seluruh Indonesia baru saja menecahkan rekor dunia.

Menurut pendiri Museum Rekor Dunia- Indonesia (MURI), Jaya Suprana, belum pernah ada rekor penyelaman wanita terbanyak yang pernah dilakukan di Indonesia, bahkan di dunia sekalipun.

Salah seorang peserta tengah berpose saat mengikuti penyelaman massal wanita terbanyak di dunia (Liputan6.com / Marco Tampubolon)

Itulah sebabnya, MURI pun menaikkan level penghargaannya menjadi rekor dunia. Karena itulah dengan banngga, Museum Rekor Dunia Indonesia dengan bangga, memberikan penghargaan rekor dunia," kata Jaya di panggung utama di lokasi penyelaman, Pantai Mega Mas, Manado, Sabtu (11/8/2018). Plakat pun diserahkan kepada Ketua Wasi, Tri Suswati Tito Karnavian.

Penyelaman berlangsung sejak pukul 09.00 dan berakhir pukul 10.00 WIB. Sebanyak 930 penyelam wanita ambil bagian.

Penyelaman dipimpin langsung oleh Ketua Wanita Selam Indonesia (Wasi), Tri Suswati Tito Karnavian. Mengenakan baju selam berwarna merah muda, Tri Suswati turun lebih dulu diikuti oleh para peserta lainnya.

Tri Suswati turun dari tangga pertama. Sementara ratusan penyelam lain, mengikuti dari 20 tangga lainnya yang disediakan oleb panitia penyelenggara.

Setelah menunggu sekitar 15 menit, penyelaman pun segera dimulai. Satu per satu penyelam kemudian mengempiskan BCD dan turun ke dasar laut. Mereka kemudian berlutut mengikuti garis penanda yang ada.

Cuaca cerah saat penyelaman berlangsung. Suhu air berkisar 30 derajat Celcius. Visibility yang awalnya jernih mulai keruh saat para penyelam tiba di dasar laut. Kondisi ini diakibatkan pasir yang naik terkena fin penyelam.

Posisi para penyelam menghadap ke laut lepas. Sementara bendera Merah Putih terpanjang (500 meter) dibentangkan di barisan paling depan. Menggunakan skuter bawah air, Tri Suswati lalu mengecek barisan. 

Salah seorang penyelam memberikan tanda ok ke depan kamera (Liputan6.com / Marco Tampubolon)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Cinta

Pantauan Liputan6.com yang juga ikut melakukan penyelaman, beragam kegiatan peserta selama berada di dasar laut. Mulai dari sekedar berlutut sembari memegang tali hingga berfoto untuk mengabdikan momen langka itu.

Kesempatan ini juga digunakan salah seorang penyelam untuk berkirim "pesan cinta" menggunakan notes khusus di bawah air. Dia menuliskan dua nama yang diselingi lambang hati.

Salah seorang penyelam menuliskan pesan cinta saat mengikuti acara penyelamam wanita terbanyak di Dunia (Liputan6.com / Marco Tampubolon)

Lalu pesan itu diarahkan ke rekannya yang memegang kamera untuk segera diabadikan. Penyelaman tidak berlangsung lama. Setelah 20 menit, para penyelam kembali ke permukaan dan kembali ke darat dan rekor dunia pun tercipta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.