Sukses

Timnas Indonesia U-23 Tanding Lebih Banyak, PSSI Hormati Hasil Drawing Ulang

PSSI tak masalah adanya penambahan jumlah pertandingan untuk Timnas Indonesia U-23.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 memang sedikit tak diuntungkan dalam drawing ulang cabor sepak bola Asian Games 2018. Kini, ada satu tambahan lawan yang harus mereka hadapi di Grup A menyusul masuknya Palestina.

Kepastian itu didapat Timnas Indonesia U-23 setelah drawing ulang dilakukan di markas AFC, Kuala Lumpur, Rabu (25/7/2018). Dalam undian tersebut, jumlah peserta Grup A bertambah satu tim, yakni Palestina.

Sebelumnya, pada drawing yang digelar 5 Juli 2018, Timnas Indonesia U-23 menempati Grup A bersama Hong Kong, Laos, dan Taiwan. Namun perubahan terjadi setelah Palestina dan Uni Emirat Arab (UEA) mengajukan protes. Kedua negara ini meminta proses pengundian diulang.

Alhasil, selain Timnas Indonesia U-23, Grup A kini dihuni Kong Kong, Laos, Taiwan, dan Palestina. Mengenai hal itu, Ketua Inasgoc Erick Thohir mengatakan bahwa prosedur drawing ulang itu sudah sesuai dengan usulannya.

"Dalam drawing ulang, AFC hanya memasukkan Palestina dan United Emirat Arab ke dalam grup yang ada. Ini sesuai dengan usulan yang disampaikan INASGOC kepada OCA," kata Ketua INASGOC, Erick Thohir di Jakarta, Rabu (25/7/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Masalah

Satu tim lain yang baru masuk undian, UEA, masuk Grup E bersama Korea Selatan, Kirgistan, Malaysia, dan Bahrain. Sedangkan empat grup lain masih diisi dengan empat tim. Hanya Grup A dan E yang dihuni lima tim.

Jika dilihat secara angka, penambahan jumlah pertandingan jelas sedikit merugikan Timnas U-23. Saat tim-tim lain memiliki jeda lebih banyak, tim besutan Luis Milla itu tentu justru harus melewati jadwal padat.

"PSSI menghormati keputusan AFC dan tidak mempermasalahkan adanya penambahan jumlah peserta cabang olahraga sepakbola Asian Games 2018. Tak ada masalah dengan adanya penambahan jumlah pertandingan yang akan dijalani Timnas U-23 Indonesia dari tiga menjadi empat pertandingan di babak kualifikasi," timpal Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

Dia menambahkan, "Dan kita akan segera berkoordinasi dengan manajemen Timnas U-23 Indonesia agar mengantisipasi adanya penambahan jumlah pertandingan tersebut."

3 dari 3 halaman

Hasil Drawing Ulang

Grup A: Indonesia, Hong Kong, Laos, Taiwan, Palestina

Grup B: Thailand, Uzbekistan, Bangladesh, Qatar

Grup C: Irak, China, Timor-Leste, Suriah

Grup D: Jepang, Vietnam, Pakistan, Nepal

Grup E: Korea Selatan, Kirgistan, Malaysia, Bahrain, UEA

Grup F: Korea Utara, Arab Saudi, Iran, Myanmar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.