Sukses

Deschamps Sebut Prancis Tim Muda Berkelas Dunia

Moskow - Didier Deschamps sukses membawa Prancis jadi juara Piala Dunia 2018. Di final, mereka mengalahkan Kroasia 4-2.

Namun, kata Deschamps, para pemain Prancis-lah yang sebenarnya lebih layak diberikan kredit. Dia pun tak berhenti memberikan pujian untuk Antoine Griezmann dan kawan-kawan.

"Sungguh luar biasa! Ini adalah tim muda, sekarang mereka sudah berada di puncak dunia. Sebagian pemain kami sudah menjadi juara saat berusia 19 tahun," cetus Deschamps seperti dilansir ESPN.

Dechamps senang karena para pemainnya relatif masih muda tetapi sudah bisa menunjukkan kekuatan untuk menjadi juara di kancah sepakbola terbesar sejagad.

Karenanya, Deschamps menolak anggapan timnas Prancis sukses karena kepemimpinannya. Yang pantas dipuji dari kesuksesan kali ini adalah para penggawa Les Bleus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Di Puncak Dunia

Usia rata-rata para penggawa Prancis yang dibawa dalam Piala Dunia kali ini adalah 26 tahun 1 bulan. Artinya, prancis memiliki skuat termuda kedua dibanding seluruh kontestan tahun 2018 ini.

"Kami memang tidak menunjukkan permainan yang sangat hebat, tapi kami menunjukkan kualitas mental yang bagus. Lagipula kami mencetak empat gol. Para pemain saya layak menang," ujarnya.

Dia menambahkan, "Tim ini bekerja dengan sangat keras dan kami mengalami beberapa momen sulit di sepanjang perjalanan. Rasanya menyakitkan sekali kalah di final Euro dua tahun lalu, tapi itu juga membuat kami belajar."

3 dari 3 halaman

Bukan Pahlawan

Deschamps menjadi orang ketiga yang bisa menjadi juara Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih, setelah Mario Zagallo dan Franz Beckenbauer. Deschamps merupakan kapten tim Prancis yang menjadi juara pada Piala Dunia 1998 di kandang sendiri. Kini ia memimpin tim dari bench

Namun ia menolak dianggap sebagai sosok di balik kesuksesan Prancis kali ini. Yang paling berjasa, menurut Deschamps, adalah para pemainnya.

"Kemenangan ini bukan tentang saya. Para pemain lah yang memenangkan pertandingan. Selama 55 hari terakhir, kami sudah bekerja dengan sangat keras. Ini adalah penahbisan yang sebenarnya di level tertinggi. Kami bangga menjadi orang Prancis, untuk jadi les Bleus. kemenangan ini menjadi milik seluruh orang prancis. Vive le Republic!"

Sumber: www.bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.