Sukses

Pelatih Komentari Kemenangan Mengejutkan Lalu Muhammad Zohri

Jakarta - Keberhasilan Lalu Muhammad Zohri meraih medali emas pada nomor lari 100 meter Kejuaraan Dunia Atletik U-20 2018 di Finlandia, Rabu (12/7/2018), tak lepas dari dukungan pelatihnya, Eni Nuraeni.   

Eni mengatakan Zohri masuk Pelatnas pada Januari 2018, setelah menjadi juara pada Kejurnas antar Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) 2017. 

"Dia sosok yang sederhana, tenang, tidak banyak bicara dan kedisiplinannya bagus," kata Eni, ketika dihubungi Bola.com, Kamis (12/7/2018). 

Di mata Eni, tak ada yang menonjol dari postur tubuh Zohri, seperti rata-rata pemain Asia. Namun, atlet asal Nusa Tenggara Barat tersebut memang dinilai punya bakat bagus untuk bersinar di nomor lari. "Jadi, kami tinggal mengasah saja. Susah-susah gampang," kenang Eni. 

"Dia sudah memiliki dasar yang bagus untuk jadi sprinter, juga punya kecepatan frekuensi lari yang bagus," sambung Eni. 

Menurut Eni, Lalu Muhammad Zohri selalu mematuhi instruksi pelatih. Saran atau program yang diberikan dilahapnya tanpa banyak protes. Zohri juga memiliki tekad besar di setiap lomba. 

 

2 dari 2 halaman

Kejutan

Meski menyadari latenta istimewa yang dimiliki Zohri, Eni tak menyangka anak didiknya tersebut bisa merebut medali emas pada Kejuaraan Dunia Atletik U-20. Tak ada target khusus yang dibebankan kepada Zohri pada kejuaraan bergengsi itu. 

"Hasil itu benar-benar kejutan. Kami tak targetkan apa-apa. Kami awalnya hanya menyangka dia bisa masuk final, maksimal di posisi tiga. Apalagi saat melihat atlet-atlet yang berpartisipasi, banyak yang pernah mencatatkan waktu 10-an detik atau bahkan 9-an detik," ujar dia. 

Zohri meraih emas setelah merampungkan lari 100 meter dengan catatan waktu 10,18 detik. "Zohri juga belum pernah mencatat waktu sebaik ini. Dia memecahkan rekor pribadinya sendiri," ujar Eni. 

Sayang, Eni tak mendampingi perjuangan Lalu di Finaldia. Dia menugaskan asistennya, Erwin Renaldo Maspaitella dan Kikin Ruhuddin.

Meski Eni tak hadir, Zohri secara khusus mengucapkan terima kasih untuk pelatihnya tersebut melalui akun Twitternya. 

Sumber: bola.com

Artikel Selanjutnya
Gunakan Dana Pribadi, Menpora Ingin Renovasi Rumah Zohri
Artikel Selanjutnya
Lalu Muhammad Zohri Bakal Diganjar Bonus dari Pemerintah