Sukses

3 Hal Krusial yang Dibutuhkan Sepak Bola Indonesia Versi Luis Milla

Luis Milla menilai sepak bola Indonesia masih butuh perbaikan di tiga sektor ini.

Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Luis Milla, menilai ada tiga hal penting yang harus dikembangkan sepak bola Indonesia jika ingin berprestasi ke depannya. Apa saja tiga hal tersebut?

Menurutnya, Indonesia sudah memiliki modal untuk mengembangkan sepak bola, yaitu gairah terhadap sepak bola yang sangat tinggi. Luis Milla punya beban target cukup tinggi saat mendampingi Timnas Indonesia U-23 berlaga di Asian Games 2018. Sejak awal, posisi empat besar sepak bola Asian Games 2018 sudah menjadi target.

Pelatih asal Spanyol itu mengakui harapan masyarakat Indonesia yang cukup tinggi melihat timnas berprestasi di Asian Games pada Agustus 2018. Luis Milla lantas mengingatkan sepak bola Indonesia membutuhkan tiga hal penting.

"Pelatih sudah biasa bekerja di bawah tekanan. Indonesia memiliki rakyat yang banyak dan ekspektasi mereka juga tinggi soal sepak bola. Begitu pun di negara saya, yang ekspektasinya tinggi soal sepak bola. Perbedaannya mereka sudah lama mempersiapkan tim, selain itu banyak pemain berkualitas. Sementara di sini masih banyak yang perlu diperbaiki," ujar Luis Milla dalam diskusi di Kantor Kemenpora, Jakarta, Minggu sore (24/6/2018).

"Sepak bola Indonesia masih butuh proses. Pertama, sepak bola Indonesia butuh memperbaiki infrastruktur. Kedua, anak-anak yang suka sepak bola itu juga memerlukan kompetisi usia muda. Selain itu juga harus ada perbaikan kualitas pelatih di Indonesia," lanjutnya.

Kendati demikian, Luis Milla mengaku sangat senang bisa mengenal sepak bola Indonesia dengan menjadi pelatih Timnas Indonesia senior dan U-23.

"Saya punya tujuan jelas dan mimpi di Indonesia. Saya merasa hasil kerja saya dihargai di sini dan kita akan lihat nanti di Asian Games. Saya tidak bisa menggaransi bagaimana nanti Asian Games. Namun, yang penting, sudah ada gaya permainan yang jelas dari Timnas Indonesia. Kita pun bersama-sama sudah melihat bagaimana pemain berjuang dan kerja keras mati-matian untuk bangsa dan negara ini," tegas Luis Milla.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.