Sukses

Anggur Ada di Balik Keputusan Iniesta Hijrah ke China

Bisnis anggur jadi alasan utama Iniesta hijrah ke China.

Jakarta, - Isu panas Andres Iniesta hijrah dari Barcelona ke Liga Super China semakin kencang berembus. Marca, Senin (16/4/2018), mengklaim bisnis anggur menjadi faktor utama yang melatari keputusan sang kapten hijrah dari Catalan. 

Iniesta dirumorkan bakal berseragam Tianjin Quanjian setelah musim 2017-2018 berakhir. Gelandang Spanyol itu bakal mengantongi gaji 37 juta euro atau setara Rp 631,53 miliar dari klub China itu per tahunnya.

Hingga saat ini, belum ada kesepakatan resmi soal transfer Iniesta. Namun, Marca menyebut ada satu hal dalam kontrak dari Tianjin Quanjian yang memengaruhi langkah sang pemain.

Dalam kontrak itu, Tianjin Quanjian membebaskan Iniesta memasarkan dua juta botol wine per tahunnya di pasar China. Untuk diketahui, sang kapten tengah menjalani bisnis minuman sari buah anggur fermentasi itu sejak 2010, yakni bernama Bodega Iniesta.

Bodega Iniesta awalnya didirikan oleh ayah Iniesta sejak 1990 dalam kebun anggur seluas 10 hektare di desa Fuentealbilla. Namun, wine itu sulit bersaing dengan berbagai merek lainnya di wilayah Spanyol.

Andres Iniesta lantas mengambil alih usaha sang ayah dan memasarkan produknya ke berbagai benua. Bodega Iniesta diberitakan laku keras di pasar Asia, khususnya China.

Sumber: Marca

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.