Sukses

MotoGP: Mulai Saingi Rossi, Zarco Siap Buru Podium Juara

Zarco tak lagi pesimistis bersaing untuk meraih gelar MotoGP.

Liputan6.com, Bersaing dengan pembalap papan atas MotoGP tak lagi menjadi hal yang tidak mungkin bagi Johann Zarco. Meski gagal meraih podium, aksinya pada balapan MotoGP Qatar 2018 di Sirkuit Losail menjadi bukti.

Ya, awalnya Zarco memiliki peluang besar untuk merebut podium juara MotoGP Qatar 2018. Itu karena ia sukses merebut pole position pada kualifikasi. Bahkan, ia juga mencetak rekor waktu putaran tercepat dalam sejarah Sirkuit Losail.

Pembalap berusia 27 tahun itu juga menjalani sebagian besar balapan MotoGP Qatar dengan sangat baik. Ia mampu menjaga kepemimpinannya hingga mendekati akhir balapan. Sayang, Rookie of the Year MotoGP 2017 harus menghadapi masalah ban depan pada lima lap terakhir.

Setelah disalip Andrea Dovizioso dan Marc Marquez, ia juga harus rela diasapi Valentino Rossi. Pada akhirnya, Zarco harus finis kedelapan setelah terpaut 7,112 detik dari Dovi. Namun, jalannya balapan jadi pertanda bahwa pembalap asal Prancis itu memiliki kans bersaing dalam perebutan gelar.

"Saya jauh lebih kompetitif dari balapan pertama tahun lalu, bukan hanya untuk posisi pole, tapi dalam balapan terlihat bahwa meski bermasalah dengan ban depan, itu adalah akhir pekan saya, tapi itu hanya masalah waktu," ungkap Zarco, dikutip Tuttomotoriweb.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bidik Kemenangan

Terlepas dari itu semua, Zarco mampu memperlihatkan daya saingnya dengan motor satelit. Di atas kertas, motornya jelas kalah dari yang dimiliki Rossi dan Maverick Vinales, dua pembalap tim pabrikan.

Selanjutnya, Zarco pun berharap bisa menorehkan kemenangan saat balapan di negaranya sendiri, yakni di Sirkuit Le Mans, Prancis, 20 Mei 2018. Musim lalu, ia mendapatkan podium perdana di kelas MotoGP di sana dengan finis sebagai runner-up.

"Menang di Le Mans akan fantastis, jika itu didapat lebih awal, itu akan lebih baik. Tujuan akhir saya adalah memperjuangkan gelar. Untuk melakukannya, Anda harus memenangkan perlombaan, selangkah demi selangkah. Saya merasa kemenangan adalah sesuatu yang mungkin jika saya bisa memaksimalkan motor 100 persen," Zarco menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Rapor Zarco di Semua Kelas

125cc: 50 balapan, 1 menang, 11 podium, 4 pole, 5 fastest lap, 371,5 poin

Moto2: 88 balapan, 15 menang, 30 podium, 15 pole, 7 fastest lap, 1.010 poin

MotoGP: 19 balapan, 0 menang, 3 podium, 3 pole, 4 fastest lap, 182 poin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.