Sukses

MotoGP: Rasa Takut Morbidelli Hilang Berkat Rossi

Rossi memberikan banyak pelajaran kepada Morbidelli untuk jadi pembalap MotoGP.

Liputan6.com, Jakarta - Meski memperkuat tim berbeda di MotoGP 2018, Franco Morbidelli tak begitu saja lupa dengan jasa Valentino Rossi. Dalam berbagai kesempatan, ia menjadikan Rossi sebagai sosok penentu dalam kariernya sebagai pembalap.

Bagi Morbidelli, tampil di ajang MotoGP adalah hasil kerja keras dirinya dan bantuan Rossi. Seperti diketahui, Rossi memiliki andil besar di balik kesuksesan Morbidelli jadi salah satu pembalap muda berbakat.

Pertemuan pertama keduanya terjadi di rumah adik angkat Rossi, Luca Marini. Lalu keduanya kembali bertemu di lintasan di Cava. Suatu hari, Morbidelli mendapatkan tawaran untuk menjadi pembalap yang bernaung di bawah Rossi.

Sejak saat itu pula pembalap berusia 39 tahun itu berjanji akan membantu Morbidelli ke MotoGP hingga akhirnya ia masuk VR46 Academy. Banyak hal yang diajarkan The Doctor hingga Morbidelli seperti sekarang ini. Salah satunya adalah menghilangkan rasa takut bersaing dengan Thomas Luthi.

"Tahun lalu Valentino mengatakan bahwa saya tak perlu khawatir soal Luthi. Ia (Rossi) menatap saya dan mengatakan kepada saya untuk terus memberikan 100 persen dan tak perlu khawatir," ungkap Morbidelli, dilansir Motorinews24.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Debut Menegangkan

Di sisi lain, Morbidelli baru saja menjalani debut yang memuaskan pada MotoGP Qatar 2018 di Sirkuit Losail. Ia menjadi rookie dengan catatan waktu terbaik dalam balapan sepanjang 22 putaran tersebut.

Pembalap berusia 23 tahun itu finis di urutan ke-12 usai terpaut 16,274 detik dari Andrea Dovizioso yang merebut podium juara. Dalam daftar catatan waktu para rookie, ia mengungguli Hafizh Syahrin, Luthi, Takaaki Nakagami, dan Xavier Simeon.

"Pada debut saya, tak ada romansa, yang ada hanya ketegangan. Kami mendapatkan hasil yang bagus di akhir. Saya memulai dengan baik, saya mencoba untuk tetap tenang di awal, hanya untuk mengerti bagaimana lap pertama berjalan di MotoGP. Lalu saya mendapatkan ritme dan mulai untuk menekan, hingga kecepatan saya lebih daripada yang kami harapkan," Morbidelli menegaskan.

 

3 dari 3 halaman

Statistik Morbidelli di Setiap Musim

2013: 3 balapan, 0 kemenangan, 0 podium, 0 pole, 0 fastest lap, 0 poin

2014: 18 balapan, 0 kemenangan, 0 podium, 0 pole, 0 fastest lap, 75 poin

2015: 14 balapan, 0 kemenangan, 1 podium, 0 pole, 2 fastest lap, 90 poin

2016: 18 balapan, 0 kemenangan, 8 podium, 0 pole, 3 fastest lap, 213 poin

2017: 18 balapan, 8 kemenangan, 12 podium, 6 pole, 8 fastest lap, 308 poin

2018: 1 balapan, 0 kemenangan, 0 podium, 0 pole, 0 fastest lap, 4 poin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.