Sukses

Cerita Pemain Timnas Indonesia U-19 Salat Jumat di Korsel

Timnas Indonesia U-19 tak lupa menunaikan salat Jumat di Korsel meski harus menempuh perjalanan cukup jauh.

Gyeonggi-do - Tim pelatih, pemain, dan ofisial Timnas Indonesia U-19 punya pengalaman unik saat melaksanakan ibadah salat Jumat di Korea Selatan. Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan harus menempuh perjalanan cukup jauh dari hotel tempat mereka menginap.

Pada Jumat (3/11/2017), mereka tak lupa tetap menjalankan ibadah salat Jumat di sela persiapan melawan tim tuan rumah, Korea Selatan U-19, Sabtu (4/11/2017).

Meski harus menempuh perjalanan tak singkat dari Golden Hill Hotel menuju Masjid Al Ikhlas Uijeongbu, Gyeonggi-do selama 40 menit, rombongan Timnas Indonesia U-19 berangkat menunaikan ibadah dengan sukacita.

"Jumatan perjalanan 40 menit. Jumat bareng di Korsel," begitu tulis pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, dalam akun Instagram personalnya.

Indra Sjafri mengunggah beberapa foto pada Jumat siang. Ada foto di depan hotel tempat Tim Garuda Nusantara menginap selama di Paju, ada juga saat berada di bus menuju masjid, dan juga di depan masjid.

Lantaran Paju terletak di luar Seoul, ibu kota Korea Selatan, Timnas Indonesia U-19 menjalani ibadah salat Jumat di sebuah masjid sederhana, yang terletak di lantai lima sebuah gedung.

Bukan di masjid yang berada dalam kompleks Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) atau bangunan milik WNI seperti yang biasa didatangi ketika berlaga di luar negeri selama ini. Namun, mereka tetap disambut staf KBRI begitu tiba menjelang salat Jumat. 

Masjid Al Ikhlas terletak di sebuah gedung yang berada pada deretan kawasan pertokoan. Warga negara Indonesia yang bermukim di wilayah ini cukup lumayan jumlahnya. 

Lokasi ini mungkin terkesan unik untuk pemain yang baru kali pertama menyambangi Korea Selatan. Namun, lokasi masjid seperti ini cukup biasa untuk negara yang mayoritas penduduknya tidak memeluk agama Islam. Meski sederhana, tidak mengurangi kekhusyukan Egy Maulana Vikri dkk. dalam menjalankan ibadah.

Seperti ibadah salat Jumat yang dijalani Timnas Indonesia U-19 ketika berada di luar negeri, mereka membaur dengan warga lokal maupun para pendatang di negara tersebut. Beberapa warga negara Indonesia juga terlihat dalam salat Jumat kali ini.

Rombongan Tim Garuda Nusantara dengan gembira meladeni permintaan foto bersama dengan sesama warga negara Indonesia yang mengikuti salat Jumat bersama.

"Alhamdulillah tahun ini Timnas U-19 sudah tiga kali melaksanakan salat Jumat di luar negeri, yakni saat di Prancis, Myanmar, dan sekarang Korea Selatan. Kami juga sekalian bersilaturahmi dengan warga Indonesia di sini," tutur Indra Sjafri.

Di sisi lain, warga negara Indonesia di Korea Selatan yang jumlahnya mencapai 40 ribu jiwa, menjanjikan akan memberikan dukungan lebih saat Timnas Indonesia U-19 meladeni Timnas Korea Selatan di Paju Public Stadium, Paju, Sabtu (4/11/2017). Timnas Indonesia U-19 bersama beberapa WNI saat menjalani ibadah salat Jumat di Masjid Darussalam, Paran, Korea Selatan, Jumat (3/11/2017). (Bola.com/Istimewa)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.