Sukses

Sumbang 8 Gol, Fakhri Puji Bomber Timnas Indonesia U-16

Liputan6.com, Bangkok - Hanya butuh dua pertandingan bagi Sutan Diego Armando Ondriano Zico untuk mencetak delapan gol bersama timnas Indonesia U-16. Aksi terkininya terlihat saat timnas U-16 menghajar Timor Leste.

Sebelumnya, nama Sutan Zico sudah menjadi sorotan usai timnas Indonesia U-16 menghadapi Kepulauan Mariana Utara pada laga perdana Grup G kualifikasi Piala Asia U-16 2018 di Rajamangala Stadium, Sabtu (16/9/2017).

Saat itu, timnas U-16 pesta 18 gol ke gawang Mariana Utara. Dan lima gol di antaranya dicetak Sutan Zico di menit ke-49, ke-63, ke-66, ke-67, dan ke-82. Itu mengapa pelatih Fachri Husaini kembali memberikan kepercayaan saat melawan Timor Leste, Senin (18/9/2017).

Seperti sebelumnya, ia masuk sebagai pemain pengganti. Fakhri memutuskan untuk menarik Amiruddin Bagus Alfikri dan memasukkan Sutan Zico. Keputusan itu menjadi kunci sukses kebangkitan timnas U-16 melawan Timor Leste.

"Masuknya Zico terbukti bisa mengubah permainan. Dan Zico sudah membuktikannya dengan mencetak tiga gol. Memberikan banyak perubahan bagi tim. Dia pemecah kebuntuan gol tim kami," ungkap Fakhri usai pertandingan.

Sebelum Sutan Zico masuk, timnas Indonesia U-16 memang tengah dalam kondisi tertinggal. Timor Leste sukses menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0. Gol mereka dicetak Paulo Domingo di menit ke-19.

Saksikan juga video pilihan di bawah ini:

1 dari 2 halaman

Pemecah Kebuntuan

Usai Zico masuk, ditambah dengan kartu merah Paulo Domingo di menit ke-51, timnas U-16 pun mulai lepas dari tekanan. Hasilnya, mereka membalikkan keadaan lewat hattrick Sutan Zico di menit ke-60, ke-64, dan ke-89.

"Seperti yang sudah saya katakan, ia pemain bagus, penempatan posisi dan penyelesaian akhirnya bagus. Ia striker berbakat yang tahu kapan saat harus menggunakan kekuatan dan kapan harus berpikir menggunakan akalnya, dan dia masih bisa terus berkembang," tegas Fakhri.

Kemenangan itu pun membawa timnas U-16 semakin kokoh di puncak klasemen Grup G. Sebelumnya, mereka juga meraup poin penuh saat mempermalukan Kepulauan Mariana Utara 18 gol tanpa balas.

Dengan koleksi enam poin, mereka unggul tiga poin atas Timor Leste. Selanjutnya, timnas U-16 memiliki ujian yang jauh lebih berat. Itu karena mereka akan bertemu tuan rumah Thailand pada Rabu (20/9/2017).

Artikel Selanjutnya
Timnas Indonesia Gelar 4 Uji Coba Melawan Thailand
Artikel Selanjutnya
Persiapan Minim Timnas Vietnam U-23 Sebelum Asian Games 2018